get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Pemerintah Australia Barat Perkuat Kerjasama Investasi Hingga Ekonomi Digital dengan Jawa Timur

Kamis, 07 September 2023 | 09:55 WIB
header img
Pemerintah Australia Barat Perkuat Kerjasama Investasi Hingga Ekonomi Digital dengan Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/lukman

Sementara itu, Menteri Pendidikan Internasional David Templeman menuturkan, kunjungan ke Kota Pahlawan ini meliputi kunjungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari untuk menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara KEK dengan penyedia layanan pendidikan dan pelatihan Western Australia.
KEK ini merupakan pusat pengembangan pariwisata dan teknologi digital di Jawa Timur dan memainkan peran penting dalam kemitraan produksi film antara Western Australia dan Jawa Timur. Kunjungan ini bertujuan untuk mempromosikan lebih lanjut kolaborasi dalam produksi bersama audio-visual, pengembangan tenaga kerja terampil, serta pendidikan dan pelatihan kejuruan.
Selanjutnya kunjungan ke akademi bola basket yang membentuk pemimpin masa depan. Kunjungan ini dilakukan untuk merayakan hubungan Western Australia dengan Jawa Timur yang menjadi dorongan bagi ekonomi dan lapangan kerja Western Australia.

"Dengan perjanjian sister-state, hubungan Western Australia dengan Jawa Timur mendukung peluang-peluang dalam dunia pendidikan internasional, dukungan bagi siswa, penelitian dan Vocational Education and Training (VET),” ujar Templeman.
Saat ini, Pendidikan Internasional adalah sektor prioritas untuk penciptaan lapangan kerja dan diversifikasi ekonomi di Western Australia. Pendidikan Internasional adalah sektor prioritas untuk penciptaan lapangan kerja dan diversifikasi ekonomi di Western Australia.

"Kunjungan ini telah memungkinkan kami untuk mempelajari lebih lanjut dan mengidentifikasi cara-cara baru yang dapat kami lakukan untuk bekerja sama dengan mitra-mitra kami di Indonesia, melalui pertukaran pendidikan, hubungan dan pemahaman yang mendalam yang dapat terus dibangun antara masyarakat Indonesia dan Western Australia,” tuturnya.

Dari sisi ekonomi, Western Australia mengekspor barang ke Indonesia senilai AUD3,8 miliar pada tahun 2022, di atas rata-rata tahunan sebesar AUD2,3 miliar selama 10 tahun terakhir. Selain itu, Western Australia menyumbang seperempat dari total perdagangan barang Australia dengan Indonesia pada tahun 2022.
Indonesia adalah mitra dagang penting Western Australia, dengan nilai perdagangan barang senilai AUD4,6 miliar di tahun 2022. 
 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut