get app
inews
Aa Read Next : Pameran Bali Interfood 2023 Resmi Dibuka, Libatkan 110 Perusahaan dan 40 UMKM

The 3rd ILE Indonesia Licensing Expo 2023, Pameran Licensing dan Franchise Terbesar di Bali Dibuka

Sabtu, 09 September 2023 | 21:40 WIB
header img
Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Susanty Widjaya, menyampaikan sambutan dalam pembukaan pameran the 3rd ILE 2023 di Bali. Foto/Istimewa

BALI, iNewsSurabaya.id - Pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 di Pulau Bali telah resmi dibuka. ASENSI tahun 2023 ini memilih Pulau Bali sebagai road show kedua setelah suksesnya di Kota Surabaya selama 3 hari kedepan, mulai dari tgl 7 hingga 9 September di BNDCC Nusa Dua. 

Pameran the 3rd ILE 2023 menawarkan berbagai peluang usaha dari kemitraan, lisensi dan waralaba (franchise) bagi masyarakat umum. 

Event menjadi ajang pertemuan antara exhibitor (pelaku usaha), yang terdiri dari licensor, franchisor yang akan bertemu dengan buyer dan investor lokal maupun internasional, yakni licensee dan franchisee.
Mereka berkesempatan membuka dan mengembangkan usaha dari beragam industri, khususnya kuliner makanan dan minuman.

Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Susanty Widjaya menuturkan bahwa pertumbuhan bisnis lisensi termasuk waralaba (franchise) di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan beberapa tahun ini. 

Peningkatan kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu.

"Ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar," katanya. 

Susanty menyebut, pertumbuhan bisnis lisensi sendiri naik 5% dan pertumbuhan lisensi di dunia naik lebih dari 8% dibandingkan tahun 2022 dan untuk bisnis waralaba (franchise) naik sebesar 4%.

Menurutnya, terpilihnya Pulau Bali sebagai pilihan Terpopuler Kedua Destinasi dunia dan Bali menjadi Destinasi Wisata International dengan reputasi porsitif ini tentunya dapat lebih menciptakan dan menumbuh kembangkan bisnis kuliner.

"Bagi para pelaku usaha merek lisensi dan waralaba (franchise) lokal dan internasional tentunya yang akan membantu pertumbuhan dan percepatan pemulihan ekonomi nasional," ungkap Susanti.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut