get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program Pelindo Mengajar, TPS Goes to SMKN 2 Surabaya

Uji Kompetensi Keahlian, Siswa SMKN 2 Surabaya Diterjunkan ke Pedesaan

Selasa, 12 September 2023 | 17:30 WIB
header img
Peserta didik SMKN 2 Surabaya melakukan pengukuran lahan ketika Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di Sidoarjo. Foto/SMKN 2 Surabaya

Efendi juga menegaskan bahwa ke 5 desa yang sudah terjalin kerjasama dengan SMK Negeri 2 Surabaya yaitu Desa Pranti, Desa Sedati Gede dari Kecamatan Sedati,  Desa Sidomojo, Desa Tropodo dari Kecamatan Krian dan Desa Waru Tulis dari Kecamatan Prambon. Semua desa tersebut berlokasi di kabupaten Sidoarjo.

Proses kinerja UKK ini dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri 21 siswa dalam 1 desa dan kemudian siswa tersebut dipilah lagi dengan kelompok kecil sesuai kebutuhan project di lapangan. 

Seperti pada bagian kelompok perancangan gambar dan kelompok kerja RAB yang nantinya tetap dalam satu berkas pelaporan di presentasikan dihadapan kepala desa sebagai asesor atau penguji UKK.

Sementara itu Kepala Desa Sidomojo, Ahmad Fatoni mengapresiasi kerjasama dengan SMK Negeri 2 Surabaya. Pengabdian perencaaan pembangunan di desa Sidomojo, kata dia, sangat membantu sekali sehingga Kerjasama ini perlu ditingkatkan kembali. 

"Dari kolaborasi bertajuk ”Detail Engineering Design Wilayah Desa Sidomojo” ini akan menghasilkan produk perencanaan berupa dokumen meliputi gambar teknis pendopo beserta ruang kelurahan, spesifikasi teknis dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan yang konsepnya disusun secara terinci”, tutur Ahmad.

Hal serupa juga dituturkan Haris Iswanti, Kepala Desa Tropodo. Kegiatan UKK yang diterapkan di desanya memiliki nilai manfaat bagi Masyarakat desa. Mulai perencanaan Pembangunan TK dan perbaikan jalan mendapatkan apresiasi positif pengabdiannya pada desa.

“Dukungan penuh baik dari sekolah dan orang tua untuk menyukseskan UKK di 5 desa ini. Supaya kedepannya UKK di jurusan atau sekolah lainnya dapat terinspirasi untuk terjun kemasyarakat dan membuktikan skill dan soft skill siap menjadi pekerja handal dan prosesional,” tutupnya
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut