get app
inews
Aa Read Next : Teknologi Hacking dalam Demokrasi Digital Jadi Ancaman Serius, Bagaimana Cara Mengantisipasi!

Ini Pentingnya Faham Etika Teknologi Siber, Bisa Menjaga Privasi dan Terhindar dari Masalah Hukum

Minggu, 17 September 2023 | 09:07 WIB
header img
Kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Supangat, M.Kom, PhD, ITIL, Cobit, CLA,. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Teknologi berkembang sangat pesat di tengah masyarakat. Pengguna harus mampu memahami teknik-teknik memanfaatkan teknologi dengan baik supaya tidak terjerumus ke masalah hukum dan bisa berakhir di penjara. 

Untuk itu, mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik (Sistekin) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya dibekali mata kuliah (matkul) 'Etika dan Ketrampilan dalam Proses Pengumpulan Data pada Teknologi Siber'. Materi kuliah ini sangat penting, karena berkaitan dengan perkembangan teknologi siber, tanggung jawab hingga kepatuhan hukum. 

"Kita perlu memahami tujuan penerapan etika dalam teknologi siber. Karena bisa menjaga privasi, integritas, kepercayaan dalam penggunaan teknologi siber, serta mendorong adopsi teknologi yang bertanggung jawab," kata Kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Supangat, M.Kom, PhD, ITIL, Cobit, CLA,. 

Menurutnya, pengertian etika dan legalitas dalam pengumpulan data mengacu pada prinsip-prinsip moral dan perilaku yang harus diikuti. Sementara legalitas berfokus pada kepatuhan hukum dalam pengumpulan pengolahan dan penggunaan data. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut