get app
inews
Aa Read Next : Tekan Inflasi di Sumenep, Bupati Fauzi Gencar Monitoring Harga Sembako dan Operasi Pasar

Sukses Kembangkan Pariwisata, Bupati Fauzi Masuk 3 Besar Cagub Jatim Versi Survei ARCI

Jum'at, 22 September 2023 | 07:47 WIB
header img
Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil surveinya, salah satunya terkait elektabilitas Calon Gubernur Jawa Timur. Menariknya, berdasarkan survei ARCI nama Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo masuk dalam tiga besar Cagub Jatim. 

Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI menyebut elektabilitas Fauzi berada di urutan ketiga, setelah Khofifah dan Emil. 

"Elektabilitas Pak Fauzi mencapai 15,2 %," kata Baihaki saat menggelar rilis survei, Kamis (21/9/2023).

Angka itu, selain menempatkan elektabilitas Fauzi di nomor tiga, juga jauh meninggalkan elektabilitas Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode dan saat ini menjabat sebagai Walikota Pasuruan. 

"Gus Ipul hanya 3,3 %," ucapnya.

Mempengaruhi elektabilitas Fauzi dalam bursa Cagub Jatim tidak lepas dari kesuksesannya dalam memimpin Kabupaten Sumenep.

Diantaranya kata Baihaki, sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep mengalami kemajuan. Berbagai event pariwisata dan pengelola  destinasi wisata yang ada mampu menarik wisatawan semakin banyak berkunjung ke Sumenep, bahkan wisatawan asing. 

Selain itu juga, dengan berbagai program yang ada, Bupati Fauzi dianggap mampu mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep mengalami penurunan yang signifikan. 

Pada tahun 2021 angkanya masih 20,51 persen, sedangkan pada 2022 menurun menjadi 18,76 persen.

"Jadi beberapa program Fauzi yang dianggap sukses memimpin Sumenep menjadi salah satu faktor tingginya elektabilitasnya sebagai Cagub," tandasnya. 

Sekedar diketahui, berdasarkan survei ARCI, elektabilitas Calon Gubernur Jawa Timur untuk Pilgub 2024 mendatang sebagai berikut : 

Khofifah Indar Parawansa : 37,5 %, Emil Dardak : 18,4%, Achmad Fauzi : 15,2 %, Eri Cahyadi : 5,7 %, Sarmuji : 4,2 %, Anwar Sadad : 3,5 %, Abdul Halim Iskandar : 3,8 %, Saifullah Yusuf : 3,3 %, Thoriqul Haq : 2,1 %, Lainnya : 3,4 % , Tidak Tau : 1,5 %.

Survei ARCI dilakukan pada 5-15 September 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut