get app
inews
Aa Read Next : Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Pertahanan Timnas Indonesia Bakal Sulit Ditembus Tim Lawan

Warga Binaan Lapas Jadi Kebanggaan, Mampu Produksi Batik yang Terkenal di Dunia

Senin, 02 Oktober 2023 | 11:28 WIB
header img
Putri Indonesia Pariwisata 2022, Adinda Cresheilla mengunjungi Gerai Batik Rutan Sumenep. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Warga Binaan Lapas dan Rutan atau tahanan mulai memiliki keahlian yang membanggakan. Mereka mampu membuat terobosan dengan terlihat melestarikan dan mengembangkan batik sebagai budaya Indonesia

Tahanan ini merupakan binaan Kanwil Kemenkumham Jatim. Sejak belasan tahun yang lalu, lapas dan rutan di Jatim telah memproduksi berbagai motif dan mengembangkan teknik membatik.

"Kami sudah mulai memberikan atensi terhadap kegiatan pembinaan kemandirian membatik sejak 2011 lalu," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono hari ini (2/10).

Menurut Heni, ada beberapa lapas atau rutan jajarannya yang menjadikan batik sebagai produk unggulan hasil karya warga binaan. Seperti Lapas Bojonegoro, Lapas Madiun, Lapas Banyuwangi, Lapas Perempuan Malang, Rutan Sumenep, Rutan Trenggalek, Rutan Perempuan Surabaya hingga Rutan Kraksaan.

"Untuk motif yang diproduksi juga beragam dan terus dikembangkan dengan pendampingan dari para ahli atau pembatik profesional," lanjut Heni.

Mantan Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan itu mencontohkan diantaranya Ctra Batik Tulis Modern Rutan Sumenep, Batik Eco Print Lapas Perempuan Malang, Batik Shibori Rutan Trenggalek. Ada juga Batik Jumputan Rutan Perempuan Surabaya, Batik Gajah Oling Lapas Banyuwangi, Batik Ronggomukti/ Rukas Rutan Kraksaan dan Batik Tulis Lapas I Madiun.

"masing-masing lapas/ rutan menggandeng ahli dari Balai Latihan Kerja (BLK) atau pihak swasta, sesuai dengan yang ada di daerah masing-masing," urainya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut