get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Aksi Kamisan ke-790 di Surabaya, Gelar Aksi Solidaritas Untuk Petani Pakel

Kamis, 12 Oktober 2023 | 22:04 WIB
header img
Aksi Kamisan ke-790 di Surabaya, Gelar Aksi Solidaritas Untuk Petani Pakel. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Aksi Kamisan Surabaya kembali menggelar unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi. Kali ini, Aksi Kamisan diikuti 100 orang lebih dari berbagai elemen masyarakat sipil di Surabaya.

Aksi Kamisan Surabaya mengangkat tema Hari Anti Hukuman Mati Internasional dan Solidaritas Untuk Tiga Petani Pakel. Pemilihan tema tersebut dikarenakan pada tanggal 10 Oktober 2023 merupakan hari anti hukuman mati internasional. Pada tanggal yang sama, Indonesia baru saja terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2024-2026. 

"Selain masih buruknya perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia, negara masih menerapkan hukuman mati dalam KUHP baru yang akan berlaku pada tahun 2026," kata peserta Aksi Kamisan, Faisal Rozaq, Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, hukuman mati di Indonesia terdapat dalam beberapa tindak pidana seperti terorisme dan narkotika. "Penerapan hukuman mati di Indonesia menunjukkan negara masih mempraktekkan hukuman yang merampas hak hidup seseorang, sebagaimana yang turut melanggar hukum hak asasi manusia internasional," ujarnya.

Selain itu, Aksi Kamisan Surabaya juga menyoroti proses hukum yang sedang berjalan untuk kasus dugaan kriminalisasi tiga petani Pakel. Dugaan kriminalisasi ini terjadi atas perjuangan warga Pakel, Banyuwangi untuk mendapatkan hak atas tanahnya melawan PT Bumisari.

"Pada sidang tanggal 2 Oktober 2023, Jaksa Penuntut Umum pada Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi menuntut ketiga petani dengan masing-masing tuntutan enam tahun penjara," imbuh Faisal.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut