get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

5 Fakta Kabupaten Sampang, Kampung Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 13:44 WIB
header img
Kabupaten Sampang, kampung halaman Mahfud MD yang kini menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo menyimpan banyak kejadian bersejarah dan kekayaan budaya serta pesona Air Terjun Toroan. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Kabupaten Sampang, kampung halaman Mahfud MD yang kini menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam pemilihan mendatang, merupakan tempat yang menyimpan banyak kejadian bersejarah dan kekayaan budaya. 

Terletak di Pulau Madura, Sampang adalah wilayah yang menawarkan pesona alam yang indah dan warisan budaya yang kaya. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai kabupaten yang menjadi tempat kelahiran Mahfud MD Cawapres terpilih yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. 

5 Fakta Kabupaten Sampang

1.  Mayoritas Warga Sampang Awalnya Beragama Buddha

Pada sekitar abad ke-7 M, tepatnya pada tahun 835 Masehi, di daerah Sampang telah ada sebuah komunitas masyarakat berupa sebuah padepokan agama Buddha yang dipimpin oleh seorang resi yang berperan sebagai pimpinan pengajaran agama Buddha kepada anggota komunitasnya.

Menurut para sejarawan, keberadaan komunitas ini tercatat dalam Candra Sangkala yang ditemukan di situs Sumur Daksan, Kelurahan Dalpenang. Dalam Candra Sangkala tersebut, tertera kalimat "Kudok Alih Ngrangsang Ing Buto," yang dapat diterjemahkan sebagai tahun 757 Saka atau 835 Masehi. Diduga kuat bahwa komunitas ini berkembang pada masa Dinasti Syailendra.

Ada juga catatan Candra Sangkala lainnya yang ditemukan di situs Bujuk Nandi, Kecamatan Kedundung, dengan tulisan "Nagara Gata Bhuwana Agong," yang dapat diterjemahkan sebagai tahun 1379 Masehi. Informasi yang ditemukan mengindikasikan bahwa kelompok masyarakat ini mengikuti agama Syiwa dan sering membangun candi yang didedikasikan untuk dewa Nandi atau lembu. 

2. Terdapat Situs Purbakala

Situs Rato Ebu dan Masjid Madega, keduanya merupakan situs bersejarah yang terletak di Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang. Di Situs Rato Ebu, terdapat makam yang merupakan tempat peristirahatan para priyayi kerajaan, salah satunya adalah makam Raja Sampang, R. Praseno, yang meninggal pada tahun 1624 Masehi.

Di situs ini juga terdapat Masjid Tanto yang memiliki keunikan tersendiri. Keistimewaan masjid ini terletak pada tiang penyangganya yang cenderung miring hingga mencapai hingga sudut kemiringan 30 derajat. Meskipun belum ada informasi pasti mengenai sejarah pendirian masjid ini, masyarakat setempat menggunakan masjid tersebut untuk melaksanakan Sompa Madekan atau upacara sumpah pocong.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut