get app
inews
Aa Read Next : Nikmati Kemewahan Layanan Kesehatan Bedah Orthopedi dan Bedah Vaskular di RS Premier Bintaro

Berikan Pelayanan Kesehatan, Gubernur Turunkan Tim Khusus ke Pulau Kangean

Kamis, 26 Oktober 2023 | 09:39 WIB
header img
Gubernur Jawa Timur Khofifah memberangkatkan tim khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep dari halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Kamis (26/10/2023) dini hari.

Total Tim Yankes Bergerak sebanyak 91 orang, dengan rincian 63 orang berangkat dari Grahadi dan 28 orang berangkat dari Sampang dan Sumenep. Tim ini akan memberikan layanan kesehatan di Pulau Kangean selama 4 hari pada 26 - 29 Oktober 2023. Lokasi pelayanan dipusatkan di Rumah Sakit Abuya Kangean, Puskesmas Arjasa dan Kantor Kecamatan Arjasa

Khofifah mengatakan, Yankes Bergerak merupakan wujud upaya penjangkauan layanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan. Ini penting, mengingat kondisi geografis yang tidak mudah,  terbatasnya sumberdaya seringkali menjadi tantangan akan pemenuhan kebutuhan yankes di kepulauan.

"Ini adalah upaya penjangkauan layanan kesehatan bagi wilayah kepulauan di Jatim. Proses-proses ini memang harus kita lakukan karena ada kesulitan di beberapa hal sehingga program penjangkauan harus dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh Dinkes Prov. Jatim," ungkapnya.

Orang nomor satu di  Jatim ini menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumenep, Tim Yankes Bergerak ini akan menangani 720 pasien yang memerlukan tindakan medis lebih lanjut. Pasien ini berasal dari wilayah Puskesmas Arjasa, dan Puskesmas Kangayan. Rinciannya, terdiri dari 411 kasus kesehatan mata, 65 kasus kesehatan gigi, 35 kasus kesehatan kandungan, dan 209 kasus lainnya yang memerlukan tindakan bedah. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut