get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Koperasi dan Teknologi, Akses Keuangan Digital Lebih Mudah di Ujung Jari

Indah Kurnia dan Bank Indonesia Berbagi Tips Kelola Keungan di Tengah Maraknya Penipuan Online

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 09:28 WIB
header img
Indah Kurnia (tengah), Muslimin Anwar (kiri) memaparkan materi dalam Diskusi Publik 'Mitigasi Resiko Keamanan Dalam Transaksi Digital', di Surabaya, Kamis (26/10/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Anggota DPR Fraksi PDI-P Indah Kurniawati bersama Bank Indonesia berbagi tips mengelola keuangan di tengah maraknya penipuan oline

Advisory Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Muslimin Anwar menuturkan perkembangan teknologi, ekonomi dan sistem pembayaran masyarakat Indonesia memunculkan banyak tantangan dan resiko. Termasuk yang terjadi saat ini, yakni banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan online.

Untuk itu, seiring berkembangnya modus kejahatan pada transaksi digital, pengguna harus selalu waspada dan paham bagaimana bertransaksi digital secara aman.

Muslimin juga mengingatan agar masyarakat hati-hati dalam melakukan transaksi keuangan, terutama menggunakan gawai. Kata dia, jika salah ketik satu huruf atau angka maka berakibat fatal.

"Jika mau transfer di cek berkali-kali dulu, benar apa tidak. Jangan sampai salah ke orang lain. Nomornya harus tepat. Kalu 11 digit yang pastikan 11 digit. Nama juga harus tepat. sebelum kirim cek dan ricek. Jangan sampai ada kesalahan," tuturnyan ketika menjadi pemateri dalam Diskusi Publik 'Mitigasi Resiko Keamanan Dalam Transaksi Digital', di Surabaya, Kamis (26/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Bank Indonesia membagikan tips aman bertransaksi digital. Pertama, jaga kerahasiaan data pribadi. 

Muslimin menjelaskan, data pribadi seperti user ID, pin, password, dan kode OTP yang merupakan kode keamanan akun tidak boleh diketahui orang lain.

"Jangan mau diarahkan untuk memberitahukan kode rahasia tersebut kepada pihak yang mengaku operator penyelenggara, termasuk mengisi link atau tautan," tuturnya.

Kemudian, agar tetap aman maka password harus dibuat tidak mudah ditebak. "Jangan menggunakan tanggal lahir atau nama. Jangan menggunakan data pribadi seperti nomor telephon, email, alamat, nomor identitas dan lainnya di media sosial," ucapnya.

Tips selanjutnya, dalam bertransaksi digital harus menggunakan gadget milik pribadi dan selalu logout setelah selesai bertransaksi. Dalam bertransaksi hanya menggunakan situs atau aplikasi yang resmi dan berizin, antara lain yang bertanda centang biru pada instagram.

Saat melakukan transaksi pembayaran di web, pastikan terdapat protokol HTTPS dan logo  "gembok" pada website.

"Jangan mudah percaya tawaran hadiah dan jangan meng-klik tautan atau link mencurigakan yang berindikasi Phising.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut