get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Ngosar di Sampang Jelang Hari Raya Idul Fitri, Begini Uniknya!

Aspirasi Kerajaan Madura dan Warganya untuk Ganjar-Mahfud

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 17:12 WIB
header img
Raja dan Sultan dari Kerjaaan Madura menyampaikan aspirasi dan dukungannya untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Foto: MPI

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Raja dan Sultan dari Kerjaaan Madura menyampaikan aspirasi dan dukungannya untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Aspirasi ini disampaikan oleh tokoh berpengaruh dari Keraton Mandala Keratuan Sembilangan, Raden Bambang Sutrisno Suroadipringgo bersama sukarelawan Ganjar Pranowo, Dinasti Nusantara.

Bambang berbicara tentang pentingnya memberikan akses terbaik kepada generasi muda untuk melestarikan adat dan budaya.

Menurutnya, hal ini bisa dijadikan inspirasi bagi kaum muda dan penerus trah kerajaan-kerajaan di Nusantara, dengan fokus utama pada peningkatan perekonomian di Madura.

Menurutnya, hal ini bisa dijadikan inspirasi bagi kaum muda dan penerus trah kerajaan-kerajaan di Nusantara, dengan fokus utama pada peningkatan perekonomian di Madura.

Lebih lanjut, Bambang berharap bahwa Ganjar Pranowo dapat menjadi motivator bagi generasi muda penerus kerajaan untuk menjaga nilai-nilai luhur dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masa depan. 

Semangatnya jelas, dan dia berharap agar kontribusi untuk pelestarian adat Madura dapat meningkat di masa yang akan datang karena saat ini budaya tersebut semakin tergerus oleh zaman dan semakin terpinggirkan.

“Untuk pelestarian adat Madura ini ke depannya saya harap lebih sering berkontribusi karena semakin tergerus ini zamannya, semakin disisihkan.” pungkasnya.

Deklarasi Dukungan Kerajaan Madura
Sebelumnya, dukungan dari Raja-raja dan Sultan Madura juga disampaikan oleh Irwan Haryonowiro Adiningrat dari Keraton Sembilangan Bangkalan. 

Dirinya meyakini bahwa bahwa Ganjar-Mahfud mampu mendorong pelestarian adat dan budaya kerajaan di masa kepemimpinan mereka.

“Beliau mampu melestarikan adat dan budaya, apalagi jika interaksi ini bisa berjalan dengan mulus. Kami yakin beliau pasti bisa,” tuturnya di panggung acara Festival Adat dan Budaya Madura (FABM) di Kecamatan Bangkalan, Jawa Timur.

Pernyataan ini datang dari optimisme mereka atas rekam jejak karir Ganjar. Kerajaan Madura menilai Ganjar Pranowo sebagai sosok yang peduli terhadap kebudayaan nusantara selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Pada momen bersejarah ini, Raja dan Sultan Kerajaan Madura menandatangani surat pernyataan dan mengibarkan spanduk sebagai bentuk nyata dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo.
Irawan, yang mewakili seluruh raja-sultan dan tokoh masyarakat adat di Madura, menyatakan harapannya bahwa Ganjar Pranowo, jika terpilih sebagai Presiden pada  2024, akan terus komitmen dalam melestarikan dan mempromosikan kebudayaan Madura.

"Kami yakin beliau (Pak Ganjar) dapat lebih memfasilitasi kami untuk lebih melestarikan dan merawat kearifan lokal yang ada di Madura," pungkasnya.

Dengan semangat yang membara, Kerajaan Madura dan warga Madura secara keseluruhan menyatakan komitmen mereka untuk mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam perjalanan mereka untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik untuk Madura dan seluruh Nusantara. 

Kerajaan Madura optimis bahwa Ganjar-Mahfud adalah harapan bagi pelestarian budaya dan kemakmuran masa depan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut