get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Ini 3 Fakta Unik Madura Tempat Kelahiran Mahfud MD

Rabu, 18 Oktober 2023 | 19:23 WIB
header img
Calon presiden Ganjar Pranowo telah resmi mendapat pendampingnya untuk Pemilihan Presiden tahun 2024. Sosok tersebut adalah Mahfud MD. Foto: MPI

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Calon presiden Ganjar Pranowo telah resmi mendapat pendampingnya untuk Pemilihan Presiden tahun 2024. Sosok tersebut adalah Mahfud MD yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pengumuman Mahfud MD sebagai Cawapres dari Ganjar Pranowo diumumkan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI-P Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Dalam sambutannya setelah diumumkan menjadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari ketua umum partai koalisi pendukung Ganjar Pranowo.

“Ini adalah kehormatan dan kebanggaan bagi saya diberi amanah untuk mengemban tanggung jawab yang besar bersama Mas Ganjar Pranowo,” ujarnya.

Mahfud berjanji bekerja keras bersama Ganjar Pranowo untuk meneruskan cita-cita dari Bung Karno dan pendiri bangsa lainnya yang telah menghantarkan pintu emas kemerdekaan Indonesia. Ia juga berjanji akan berjuang mewujudkan Indonesia Emas 2045 bersama dengan Capres Ganjar Pranowo.

Selanjutnya, Mahfud menyatakan bahwa untuk mewujudkan impian Indonesia menjadi negara yang berkembang, adil, dan berbudaya dalam perjalanan menuju Indonesia Emas, diperlukan pemenuhan beberapa prasyarat. 

Meliputi teguhnya ideologi negara, pertumbuhan ekonomi yang kuat, penegakan hukum dan keadilan, sistem politik yang demokratis, budaya gotong royong yang aktif, serta penekanan pada persatuan dan persaudaraan.

Mahfud MD lahir di Sampang, Madura yang memiliki beragam keunikan yang banyak orang tidak ketahui. Berikut tiga fakta unik Madura yang telah dihimpun pada Rabu (18/10/2023).

1. Madura Pernah Menjadi Sebuah Negara
Pada tahun 1948, Madura pernah menjadi sebuah negara yang dibuat oleh pimpinan pemerintahan peralihan Belanda di Jawa Timur, yakni Van der Plas. Hal tersebut memiliki tujuan untuk melemahkan Republik Indonesia dan menjadikan Madura sebagai benteng pengamanan di Jawa Timur.

Pada kala itu, negara Madura memiliki lambang negara yakni bendera berwarna hijau dan putih. Namun, keberadaannya tidak bertahan lama, hanya selama dua tahun saja. Pada tahun 1950, negara Madura dibubarkan dan kembali bergabung ke Indonesia.

2. Madura Merupakan Daerah Penghasil Garam Terbesar Kedua di Indonesia
Tambak garam di Madura ternyata salah satu penyumbang terbesar suplai garam di Indonesia. Lebih tepatnya berada di peringkat kedua sebagai produsen garam terbesar di Indonesia setelah Cirebon, Jawa Barat.

Setiap tahunnya, daerah Sampang dapat menghasilkan garam sebanyak 300 ribu ton lebih. Tak heran apabila menjadi petani garam merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat Sampang.

Produksi garam di Sampang pada tahun 2018 mencapai total 312 ribu ton, sementara itu di Kabupaten Sumenep menghasilkan 190 ribu ton garam. Di Kabupaten Pamekasan dihasilkan sebanyak 140 ribu ton garam, dan Bangkalan yang menghasilkan 2.749 ton garam.

3. Terkenal dengan Kuliner
Mendengar kata Madura, pasti akan terlintas makanan khas dari pulau tersebut yakni sate Madura atau sate ayam Madura. Kelezatan makanan khas Madura tersebut memang telah diakui oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Akan tetapi, kuliner Madura tidak hanya sekadar sate Madura saja. Ada banyak makanan yang melekat dengan daerah tersebut diantaranya, bebek songkem, yang merupakan olahan bebek yang dimasak dengan bumbu khas dan dikukus dalam bungkusan daun pisang.

Ada juga lorjuk, yang merupakan olahan kerang bambu yang khas karena bentuknya yang memanjang. Lorjuk sendiri bisa diolah kembali menjadi makanan lain seperti tumis lorjuk, goring lorjuk, hingga rangginang lorjuk. 

Itulah 3 fakta unik dari Madura, tempat kelahiran dari Mahfud MD yang akan menjadi Cawapres dari Ganjar Pranowo.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut