get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

Hasil Survei ARCI Elektabilitas Tiga Bacapres di Jatim, Siapa Terkuat?

Rabu, 01 November 2023 | 21:19 WIB
header img
Hasil survei ARCI di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU. Hasilnya Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas selisih tipis dari Ganjar-Mahfud MD.

"Hasil survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Menurut survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9%. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2%. 
"Sebanyak 1,8% responden belum menentukan pilihan," tambah Baihaki.

Baihaki menyebut bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," jelasnya.

Baihaki Sirajt juga menyebut faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," kata Baihaki.

"Selama ini Prabowo lemah di mataraman. Begitu ada Gibran, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di mataraman," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut