get app
inews
Aa Read Next : Habiskan Triliunan Rupiah, Prabowo dan Gibran Justru Terancam Gak Lolos Putaran Kedua

Hadapi Kemungkinan Perang, Menhan Prabowo Tekankan Indonesia Non-blok

Rabu, 15 November 2023 | 08:58 WIB
header img
Menhan Prabowo Tekankan Indonesia Non-blok. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan akan tetap mempertahankan kebijakan luar negeri non blok dalam menghadapi dinamika global yang cepat berubah. 

"Sejak awal kemerdekaan, kami menerapkan politik luar negeri yang independen, berpedoman pada prinsip politik luar negeri non-blok. Tradisi politik luar negeri kami selalu non-blok, dan kami tidak menginginkan tergabung dalam blok geopolitik manapun," katanya, Selasa (14/11/2023).

Prabowo menjelaskan, bahwa kebijakan ini dirancang oleh para pendiri bangsa dan merupakan cara terbaik yang diinginkan oleh rakyat Indonesia. Selain itu, kebijakan non blok sangat cocok untuk kepentingan Indonesia.

"Tradisi ini, saya berkomitmen untuk melanjutkan dan mempertahankannya. Karena ini bukan hanya tradisi kami, tapi keinginan rakyat kami. Lebih penting lagi, ini demi kepentingan nasional kita," imbuhnya. 
Prabowo juga menyampaikan, tak menutup kemungkinan Indonesia bergabung menjadi anggota kelompok BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan). Tentu, dengan tetap mengkaji terlebih dahulu keuntungan yang didapat Indonesia jika bergabung. “Kita akan lihat, kalau nanti kepentingan ekonomi kita menguntungkan, ya why not kita join BRICS?" katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut