get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Unik! Panggil Hujan, Warga Banyuwangi Lakukan Ritual Mantu Kucing, Begini Serunya

Jum'at, 17 November 2023 | 16:41 WIB
header img
Panggil Hujan, Warga Banyuwangi Lakukan Ritual Mantu Kucing. Foto iNewsSurabaya/Siswanto

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Kekeringan yang melanda wilayah Banyuwangi, Jawa Timur membuat warga ketat-ketir. Kondisi warga sangat memprihatinkan, karena kehabisan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari. 

Untuk mengatasi kekeringan, warga Banyuwangi mengadakan ritual yang tak biasa. Warga mengawinkan kedua kucing atau Mantu Kucing. Ritual ini diadakan di Desa Grajagan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ritual ini menjadi kegiatan rutinan setiap tahun. Menginjak bulan November, warga sudah menyiapkan event ritual Mantu Kucing. Sepasang kucing jantan dan betina digendong oleh dua warga dan diarak keliling Desa melalui jalan pertanian milik warga menuju sumber mata air Desa yakni Umbul Sari. 

Ritual mantu kucing ini digelar pada hari Jumat 17 November 2023 oleh masyarakat adat dan pemangku wilayah. Mantu kucing ini selayaknya seperti sepasang pengantin. 

Kepala Desa Grajagan, Supriyono mengatakan, dalam ritual Mantu Kucing ini tidak ada jenis kucing khusus yang digunakan pada ritual ini. Namun, Mantu Kucing ini tidak bisa dilaksanakan begitu saja, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. 

"Kedua kucing itu harus berasal dari utara dan selatan Desa," katanya.

Kedua kucing jantan dan betina saling bertemu seperti sepasang pengantin, keduanya langsung diarak oleh ratusan warga dengan diiringi gamelan Jawa serta tarian jaranan Bruto. 

"Setelah sampai di sumber mata air yang dituju Umbul Sari, diadakan ritual serta doa - doa dimulai sambil membakar kemenyan atau dupa," ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut