get app
inews
Aa Read Next : Jadi Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional, Cantiknya Ning Lia Bikin Baper

Bawaslu Sumenep Bekali Pemuda Antisipasi Potensi Kecurangan Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan

Rabu, 29 November 2023 | 20:43 WIB
header img
Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumenep, Hosnan Hermawan (iNewsSurabaya/Rahmat)

SUMENEP, iNewsSurabaya.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengumpulkan puluhan pemuda dari berbagai unsur organisasi kepemudaan, Kamis (29/11/2023). Kegiatan yang dikemas Pendidikan Pengawas Partisipatif itu diletakkan di salah satu hotel Kecamatan Kota, Sumenep. 

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sumenep, Hosnan Hermawan, menyampaikan bahwa tahapan kampanye bagi peserta Pemilu sudah dimulai. Sebab itu, ia berharap peserta yang hadir menjadi bagian Bawaslu untuk melakukan pengawasan partisipatif. 

“Peserta kegiatan kami kali ini sebanyak 60 pemuda yang aktif di sejumlah organisasi kepemudaan di Sumenep,” ujar Hosnan.

Hosnan menyadari bahwa SDM Bawaslu terbatas. Oleh karena itu, dia mengajak semua elemen masyarakat untuk menjadi bagian dalam pengawasan partisipatif, khususnya pemuda, sehingga Pemilu berjalan sesuai yang diharapkan. 

Ia memastikan saat ini belum ada wilayah yang berpotensi terjadi pelanggaran. Namun demikian, langkah antisipasi perlu terus dilakukan. Karenanya, memberikan edukasi kepada pemuda untuk menjadi pengawas partisipatif intens dilakukan, walau tidak selalu dilalukan secara formal seperti saat ini. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut