get app
inews
Aa Read Next : Jadi Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional, Cantiknya Ning Lia Bikin Baper

Pilpres 2024 Siapa Pilihan Anak Muda Muhammadiyah di Jawa Timur, Ini Temuan PUSAD UM Surabaya

Sabtu, 20 Januari 2024 | 22:28 WIB
header img
Desain surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres) yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Foto/Dok KPU

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD UM Surabaya) kembali merilis hasil survei terkait preferensi politik anak muda Muhammadiyah di Jawa Timur menjelang Pemilu 2024.

Peneliti Utama PUSAD UM Surabaya Dede Nasrullah menjelaskan, berdasarkan hasil kompilasi beberapa data yang telah dihimpun oleh tim riset. 

Muhammadiyah mempunyai anggota sebesar 52.177.950 (Lima puluh dua juta seratus tujuh puluh tujuh ribu sembilan ratus lima puluh) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Data tersebut dihimpun dari data sekunder secara makro dan beberapa data dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia.

Dede mengungkapkan, demografi pemilih di Jawa Timur menjelang Pemilu 2024 didominasi pemilih produktif berusia 17-40 tahun kelompok pemilih generasi Z dan generasi millenial. 

Dari total 31.402.838 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Jawa Timur sebesar 16.001.790 merupakan pemilih muda. 

"Dengan presentasi 51% dari total DPT di Jatim. Dari presentase tersebut, sebesar 2.574.088 berafiliasi dan menjadi bagian dari anak muda Muhammadiyah," ujar Dede yang juga merupakan kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMSurabaya pada Sabtu (20/1/24). 

Dede menjelaskan, populasi penelitian ini adalah para pemilih Anak Muda Muhammadiyah di Jawa Timur. Lokasi diambil di semua Ortom Muhammadiyah di Jawa Timur. 

Sebanyak 38 Pimpinan Daerah Kab/ Kota yang kemudian, masing-masing Kab/Kota diambil di tingkat kecamatan hingga desa untuk dijadikan sample penelitian. 

Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di tiap kecamatan dan desa yang dijadikan lokasi penelitian.

“Jumlah sampel sebanyak 1067 responden tersebar secara proporsional di 38 kab/kota. Margin tingkat toleransi (standart of error / d ) 3% dengan tingkat kepercayaan adalah 95%. Proses wawancara dilakukan secara langsung mendatangi responden menggunakan kuesioner oleh enumerator,” imbuhnya.

Dari hasil tersebut, Prabowo-Gibran unggul versi pemilih Anak Muda Muhammadiyah di Jatim. Adapun presentasenya Anis-Muhaimin 28,6 %, Prabowo-Gibran 43,6 %, Ganjar-Mahfud 21,2 % dan ada 8,4% pemilih muda di Jawa Timur belum menentukan pilihan soal Pilres 2024. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut