get app
inews
Aa Read Next : Kunjungan Turis Asing ke Jatim Maret 2024 Merosot 33,84 Persen, Ini Jumlah Pastinya

Kapal Pesiar MS Westerdam Sandar Kedua Kalinya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Kamis, 30 November 2023 | 17:40 WIB
header img
Kapal pesiar MS Westerdam saat akan sandar untuk kedua kalinya pada tahun 2023 di Dermaga Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto/Pelindo

SURABAYA, iNewsSurabaya.idKapal pesiar MS Westerdam berbendera Belanda kembali sandar untuk kedua kalinya pada tahun 2023 di Dermaga Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kapal dengan GT (Gross Tonnage) 82.862 MT dan LOA (Length Over All) 285 MTR panjang 285 M ini membawa 1.856 wisatawan mancanegara dan 793 awak kapal tersebut sandar pada Rabu (29/11/2023). 

Pelindo Sub Regional 3 Jawa bekerjasama dengan  pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan berbagai sambutan untuk para wisatawan kapal pesiar diantaranya Tari Reog Ponorogo, toko souvenir, batik, dan juga berbagai makanan dan minuman khas Jawa Timur yang disediakan melalui gerai UMKM, serta terdapat money changer untuk mempermudah turis menukarkan uang. 

Beberapa wisatawan mancanegara sangat bersemangat dengan apa yang disuguhkan. Mereka mengabadikan dengan cara berfoto bersama pemainnya. Setelah masuk ke terminal kedatangan para wisatawan membeli dan melihat beberapa produk UMKM yang telah disiapkan oleh Pelindo Sub Regional 3 Jawa. 

“The response was extraordinary and I really like Indonesian products such as batik & handicrafts," kata Beatrix salah satu wisatawan asal Belanda.

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa, Dhany Rachmad Agustian menyampaikan bahwa MS.Westerdam ini merupakan kapal pesiar mewah dari belanda yang juga pernah sandar sebelumnya di Tanjung Perak pada bulan Februari 2023 dengan membawa 1.400 penumpang.

“Kapal tersebut kembali sandar karena ketertarikannya terhadap obyek wisata di Jawa Timur dan ini merupakan kapal ke-7 dari deretan kapal pesiar sandar di Tanjung Perak tahun 2023," terangnya.

“Nopember 2023 ini kita ada 3 kapal pesiar, sebelumnya ada MS.Viking Orion pada (17/11), besok (30/11) juga adalagi kapal pesiar MS.Regatta yang sandar," lanjut Dhany.

Kapal yang dinakhodai oleh Vincent Smit ini sebelumnya sandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sebelum menuju ke Tanjung Perak Surabaya dan akan lepas sandar untuk melanjutkan perjalanan menuju Slawi Bay, pesisir Pulau Komodo.

Wisatawan mancanegara tersebut diajak mengelilingi objek wisata yang menarik di kota Pahlawan seperti Kampung Lawas Maspati, Tugu Pahlawan, Gereja Kepanjen, Sanggar Agung di Kenpark, hingga Pasar Pabean dan Pasar Genteng.

Tempat-tempat yang dituju para wisatawan bergantung pada biro travel yang membuat paket-paket wisata. Namun demikian seringkali wisatawan dari Eropa menyukai paket wisata yang bernuansa heritage seperti Tunjungan, Hotel Majapahit, Joko Dolog, dan Balai Kota.

Pelindo Sub Regional 3 Jawa telah menyediakan kendaraan bus dan beberapa unit mobil oleh pihak jasa tour dan travel untuk mengangkut para wisatawan mancanegara. Dan disediakan juga berbagai pilihan kendaraan lainnya seperti taxi online yang bekerjasama dengan perusahaan Grab untuk membawa wisatawan berkeliling dengan berbagai tujuan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut