get app
inews
Aa Read Next : Kapal Pinisi Ayana Lako Dia Jalani Perawatan di PT PAL Indonesia

Inilah KRI RJW-992, Kapal Rumah Sakit Karya Anak Bangsa yang Emban Misi ke Palestina

Jum'at, 01 Desember 2023 | 21:12 WIB
header img
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 merupakan salah satu dari 2 (dua) kapal rumah sakit pertama buatan anak negeri. Foto/PT PAL Indonesia

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 atau KRI RJW-992 bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Koarmada I Jakarta. Kapal Rumah Sakit Karya Anak Bangsa tersebut lepas jangkar dari Surabaya sejak Rabu (29/11), dan tiba di Jakarta pada Kamis (30/11/2023).

Sebelum menjalankan misi ke Palestina, KRI RJW-992 menjalani proses optimalisasi teknis kapal yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia beberapa waktu lalu. Sehingga kapal dapat lebih siap menjalankan misi ke perairan dekat Palestina.

Terlepas dari kondisi kapal yang siap untuk mengemban misi kemanusiaan, di dalam prosesnya terdapat peran ratusan tenaga kerja yang berpengalaman dan kompeten terlibat. Baik insan dari PAL maupun mitra profesional perusahaan, semata-mata untuk menjaga kualita, mutu dan menunjang ketepatan waktu dan menjaga kualitas mutu yang telah ditetapkan. Terlebih memberikan dampak positif pergerakan ekonomi di tingkat mikro.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 merupakan salah satu dari 2 (dua) kapal rumah sakit pertama buatan anak negeri. Itu merupakan simbol kemandirian industri pertahanan matra laut, terkhusus manifestasi pembuktian kemampuan perpaduan penguasaan naval technology dan unsur kesehatan.

Kapal Rumah Sakit buatan PT PAL Indonesia ini telah berpengalaman dalam mendukung berbagai misi kemanusiaan. Memiliki fasilitas kesehatan yang setara dengan rumah sakit tipe B di darat, dan mampu melakukan 11 jenis operasi kesehatan. 

Kapal ini dilengkapi dengan central gas medic. Mampu memproduksi oksigen secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan dan menyalurkan ke ruangan-ruangan medis kapal, sehingga tidak lagi perlu membawa oksigen cadangan dari tempat lain. Lebih jauh, KRI RJW-992 juga dapat mengisi kembali tabung oksigen yang telah kosong di lokasi perbantuan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut