get app
inews
Aa Read Next : Pembenahan Pipa Air Bersih di Gunung Bromo Selesai, Masyarakat Tak Perlu Khawatir Lagi

Kabar Baru : Kawasan Bromo Tengger Semeru Masuk Tiga Besar Taman Nasional Terindah di Dunia

Sabtu, 02 Desember 2023 | 18:59 WIB
header img
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur (Jatim) dinobatkan sebagai The World’s Most Beautiful National Parks 2023. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur (Jatim) dinobatkan sebagai The World’s Most Beautiful National Parks 2023 yang dirilis Bounce, platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, Caifornia, Amerika Serikat. 

TNBTS berada di peringkat ketiga dibawah Taman Nasional Kruger yang terletak di Afrika Selatan yang menduduki peringkat pertama dan Taman Nasional Lençóis Maranhenses di Brazil yang menempati peringkat kedua. 

Penilaian Bounce didasarkan pada akumulasi jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan daring, serta pencarian kata kunci di Google sepanjang 2023. Dalam daftar Bounce, peringkat Bromo bahkan berada jauh diatas Taman Hutan Nasional Zhangjiajie di China dan Taman Nasional Fuji Hakone Izu di Jepang. 

"Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya juga diakui dunia," kata Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa, Sabtu  (2/12/2023). 

Menurut Khofifah, TNBTS menyajikan lanskap unik, dimana setiap sudutnya begitu mempesona dan mampu membius siapa saja yang berkunjung. Selain Gunung Bromo, tambahnya, di kawasan tersebut juga ada Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, padang savana, lautan pasir, serta bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, ada Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru. 

"Selain keindahan alam, Kawasan Bromo yang didiami Suku Tengger juga menjanjikan wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Disana ada berbagai kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur," tuturnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut