get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Jatim Terapkan Layanan One Stop Service untuk Calon Jamaah Haji 2024

Kemenkumham Jatim Siap Hadapi Pemilu 2024, DPR RI Beri Apresiasi Kesiapan Lapas

Selasa, 12 Desember 2023 | 07:54 WIB
header img
DPR RI mengapresiasi kesiapan Kemenkumham Jatim dalam menyiapkan Lapas menghadapi pemilu. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -Komitmen Kanwil Kemenkumham Jatim untuk menciptakan Pemilu 2024 yang Luber Jurdil mendapat sorotan dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI. Meskipun begitu, tantangan overkapasitas di 39 Lapas dan Rutan Jatim dengan tingkat hunian mencapai 105% turut menjadi perhatian serius.

Menurut Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, meskipun jumlah warga binaan mengalami penurunan, koordinasi intensif dengan KPU diperlukan untuk memastikan integritas Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Adanya fluktuasi jumlah warga binaan membuat proses ini menjadi dinamis.

Dalam upaya menjaga hak suara, Heni menyebutkan rencana penetapan status 10.114 warga binaan sebagai DPT H-30 hari pemungutan suara. 102 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di lapas dan rutan juga telah disiapkan.

Apresiasi dari anggota Komisi III terhadap komitmen Kemenkumham Jatim tampak jelas. Wakil rakyat menekankan pentingnya transparansi dan keterbukaan lapas selama pemilu. Diharapkan kerja sama yang baik akan terus berlanjut untuk memastikan kelancaran Pemilu 2024 di Jatim.

Pimpinan rapat, seperti Wihadi Wiyanto dan Rahmat Muhajirin, menyatakan dukungan terhadap persiapan yang telah dilakukan. Mereka mengapresiasi akurasi data dan berharap agar lapas dan rutan tetap terbuka selama proses pemilu untuk memastikan transparansi dan kelancaran proses demokrasi.

Hingga saat ini, di 39 Lapas dan Rutan di Jatim mengalami overkapasitas sebesar 105%. "Dari kapasitas hunian 13.563, saat ini lapas dan rutan di Jatim dihuni 27.875 warga binaan," ujar Heni. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut