get app
inews
Aa Read Next : Garap Komunitas Olahraga, BRI RO Surabaya Gelar Event BRImo-kan Car Free Day

Tips Sehat Saat Liburan, Hindari Depresi dengan Olahraga

Selasa, 26 Desember 2023 | 13:33 WIB
header img
Olahraga menjadi faktor penting dalam kehidupan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Olahraga menjadi faktor penting dalam kehidupan. Saat olahraga harus diimbangi dengan minum air yang cukup supaya tidak kekurangan cairan. 

Apa definisi sehat menurutmu, Cheers Friends? Sehat tentunya tidak hanya dalam kondisi fisik yang baik tapi mental yang baik pula. Nah, rutin berolahraga bukan hanya bermanfaat bagi fisik atau tubuhmu, tapi juga jiwa lho.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry menunjukkan berolahraga memiliki efek perlindungan tubuh terhadap depresi. Dengan menggunakan data genetik 300 ribu orang dewasa, peneliti pada Rumah Sakit Umum Massachusetts, AS, memastikan mereka yang beraktivitas fisik lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami gangguan depresi.

’’Kami menemukan bukti bahwa tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi bisa mengurangi risiko depresi," jelas Dr Karmel Choi yang memimpin penelitian ini, demikian dikutip dari laman ABC News Indonesia. 

Sementara itu, pada mereka yang tidak pernah berolahraga, risiko mengalami depresi naik menjadi 44 persen. Studi tersebut memantau tingkat latihan dan gejala depresi serta kecemasan pada subjek selama 11 tahun. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut