get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Muda Lakarsantri Inisiasi Pelestarian Budaya Sedekah Bumi dan Pemugaran Punden

Bikin Bangga Sumenep, Ale Hattan Yasar Maulana Jadi Pemenang Utama Duta Budaya Indonesia Tahun 2023

Rabu, 27 Desember 2023 | 12:45 WIB
header img
Ale Hattan Yasar Maulana, emenang Utama Duta Budaya Indonesia Tahun 2023. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sumenep terus melahirkan generasi emas. Tebaru, putra asli dari ujung timur Madura ini berhasil menjadi pemenang utama Duta Budaya Indonesia Tahun 2023. Dia adalah Ale Hattan Yasar Maulana

Pemuda Sumenep yang akrab disapa Ale ini merupakan seorang model yang sedang aktif sebagai seorang siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sumenep. 

Selain memiliki kegemaran dalam bidang akademik yaitu matematika dan kimia, Ale juga memiliki ketertarikan dalam bidang non akademik yaitu teatrikal, dramatisasi, gerak tari dan modelling. 

Pria yang lahir di Sumenep, 17 Juli 2007 ini, merupakan putra kebanggaan dari pasangan Dr. Syafrudin Ainor Rafiek, S.H, M.H. dan Hja. Maulli Fitriany.

Bakatnya memang sudah muncul dan terasah sejak kecil, dengan berbagai prestasi yang ditorehkannya. Ia pernah menjuarai perlombaan Film Pendek Tingkat Sumenep Tahun 2023, dan Juara 1 Lomba Model Search Tahun 2023. 

Prestasi terbaru yang ditorehkannya adalah menjadi Pemenang Utama Duta Budaya Indonesia Tahun 2023, yang diselenggarakan pada 06-08 Desember 2023, di The Southern Hotel Surabaya. 

Ale berhasil membawa nama baik Kabupaten Sumenep dan Provinsi Jawa Timur dengan mengangkat Tari Topeng Dalang dan Batik Sumenep di Kanca Nasional. Mnunjukkan kepeduliannya dalam hal melestarikan budaya Sumenep serta Jawa Timur, membuatnya dinobatkan menjadi Duta Budaya Indonesia Tahun 2023. 

Ale mengungkapkan, dirinya memiliki program yang cukup menarik. Yakni aksi sosial bertajuk ‘East Java Trip’. Sebagai pecinta budaya, Ale kerap melakukan kegiatan petualangan guna mengeksplor keindahan dan kekayaan budaya yang ada di Jawa Timur. 

Banyak sekali tempat dan keindahan budaya yang telah ditampilkan di sosial media miliknya, salah satunya yaitu petualangan yang dilakukan di Trowulan, yang merupakan episentrum khasanah wawasan dan pengetahuan mengenai kekayaan budaya Kerajaan Majapahit. 

"Langkah kecil ini untuk memupukkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya kepada pemuda-pemudi Indonesia. Ketika kita sudah mencintai, maka kita pasti akan ikut menjaganya. Ketika kita menjaga, maka di situ ikut melestarikan budaya tersebut," tutur Ale saat detemui iNewsSurabaya di Egg Studio Photo & Make Up By Studio Adventure, Jl. Manyar Kerta Adi VII No.39, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut