get app
inews
Aa Read Next : Direktur Eksekutif Lazisnu Surabaya Tak Terima, NU Dibilang Baperan, Begini Pernyataannya

Dibalik Ambisi Wali Kota Surabaya, Ingin Kembangkan Kota Wisata Olahraga yang Sedot Wisatawan Asing

Minggu, 31 Desember 2023 | 06:34 WIB
header img
Wali Kota Surabaya Ingin Kembangkan Kota Wisata olahraga yang Mampu Sedot Wisatawan Asing. Foto iNewsSurabaya/ist

Menurut dia, penilaian FIFA itu didasarkan atas kualitas rumputnya, transportasinya dan bagaimana kesiapan kota ini beserta seluruh stakeholder di dalam kota tersebut dalam menyambut pagelaran Piala Dunia U-17, termasuk pula pengamanan dan pelaksanaanya dibilang yang terbaik di Indonesia. 

“Saya bilang Surabaya terbaik itu bukan berarti yang terbaik hanya pemerintah kotanya, tapi juga pihak pengamanan dan pelaksanaannya. Artinya juga, semua timlah yang terbaik dan bersama-sama bekerja keras untuk kesuksesan acara ini. Saya sampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang sudah mensukseskan acara ini,” ujarnya.

Sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-17 berlangsung, Stadion GBT juga sempat digunakan sebagai venue pertandingan Piala AFC U-20 pada 14-18 September 2023. Tak hanya Piala AFC U-20, stadion bertaraf internasional di Kota Surabaya ini juga digunakan untuk pertandingan FIFA Match Day pada 12 Juni 2023 lalu. Kesuksesan itu semakin membuat Wali Kota Eri yakin, Surabaya bisa menjadi Kota Wisata Olahraga dan siap menggelar berbagai perhelatan olahraga skala besar ke depannya. “Alhamdulillah GBT sudah dijadikan (venue). Sehingga kita persiapan untuk Surabaya menjadi kota wisata olahraga,” ujar Wali Kota Eri. 


Wali Kota Surabaya Ingin Kembangkan Kota Wisata olahraga yang Mampu Sedot Wisatawan Asing. Foto iNewsSurabaya/ist

Usai perhelatan Piala Dunia U-17 digelar, Wali Kota Eri mengatakan, Stadion GBT akan memasuki tahap penataan berikutnya untuk dijadikan sebagai sarana wisata olahraga terbesar di Kota Surabaya. Dia mengatakan, di Stadion GBT nantinya akan ada ruang khusus yang digunakan sebagai meseum. Dirinya ingin, Stadion GBT nantinya dibuat museum seperti yang ada di Lapangan Thor Gelora Pancasila. 

“Kan (Stadion GBT) ada lapangan statisnya, ada tempat legendanya Persebaya, ada piala-piala nanti replikasinya juga ada di sana. Sehingga nantinya memberikan semangat kepada anak-anak Surabaya,” kata Wali Kota Eri. 

Selain menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, Piala AFC U-20, dan FIFA Match Day, atlet-atlet asal Kota Surabaya di tahun ini berhasil menggapai prestasi membanggakan melalui Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023. Dari ajang tersebut, atlet asal Kota Surabaya berhasil meraih juara umum ke-8 kali dan memperoleh total 163 medali emas, 125 perak dan 110 perunggu.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut