get app
inews
Aa Read Next : Mengejutkan! Menantu Soekarwo Masuk Bursa Cawali Kota Surabaya, Siap Tandingi Eri Cahyadi

Dibalik Ambisi Wali Kota Surabaya, Ingin Kembangkan Kota Wisata Olahraga yang Sedot Wisatawan Asing

Minggu, 31 Desember 2023 | 06:34 WIB
header img
Wali Kota Surabaya Ingin Kembangkan Kota Wisata olahraga yang Mampu Sedot Wisatawan Asing. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kota Surabaya sudah teruji sebagi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan gelaran Piala Dunia. Tak hanya itu, atlet-atlet asal Kota Surabaya juga berhasil menorehkan banyak prestasi di pertandingan olahraga nasional dan internasional tahun 2023. 

Ajang yang paling fenomenal di tahun ini, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ada empat stadion di Indonesia yang terpilih sebagai tempat digelarnya pertandingan bergengsi tersebut, diantaranya Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Jawa Barat, Stadion Manahan Kota Solo, dan Stadion Internasional Jakarta. 

Lebih membanggakannya lagi, Stadion GBT tak hanya ditunjuk oleh Pemerintah Pusat, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), dan FIFA sebagai tempat pertandingan saja. Akan tetapi juga dipercaya untuk dijadikan kandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan tempat pembukaan seremonial Piala Dunia U-17 2023. Tentunya, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Arek-arek Suroboyo. 

Tak hanya Arek-arek Suroboyo yang bangga adanya kabar ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun turut menyambut baik. Agar perhelatan dan pembukaan Piala Dunia U-17 berjalan maksimal, Wali Kota Eri Cahyadi beserta jajarannya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempersiapkan berbagai hal sebelum ajang ini dimulai.

Mulai dari perbaikan minor hingga menghias Stadion GBT. Agar euforia Piala Dunia U-17 semakin terasa, Pemkot Surabaya menggelar berbagai kegiatan, mulai lomba sepak bola antar kampung, pemasangan umbul-umbul, spanduk, coaching clinic, street soccer, hingga Trophy Experience. Setelah seluruh persiapan itu dijalankan, Piala Dunia U-17 sukses digelar pada awal Desember 2023.

Wali Kota Eri menceritakan momen yang luar biasa yang dialami dirinya ketika menonton pertandingan Timnas Mali melawan Timnas Mexico pada (21/11/2023) lalu. Kala itu, Wali Kota Eri mengaku, sempat bertemu dengan FIFA dan menyampaikan terima kasih dan luar biasa.

“Bahkan, beliau menyampaikan di antara semua stadion di Indonesia, Stadion GBT lah yang paling siap. Stadion GBT lah yang terbaik. Itu mereka sendiri yang menyampaikan kepada saya,” kata Wali Kota Eri, Jumat (29/12/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut