get app
inews
Aa Read Next : Pionir yang Mengizinkan Perayaan Imlek di Indonesia, Orangnya Sederhana dan Terpandang, Ini Sosoknya

Indonesia Berduka, Jejak Sang Penerobos Rizal Ramli Telah Berpulang, Ini Catatan Perjalanan Karirnya

Selasa, 02 Januari 2024 | 21:23 WIB
header img
Rizal Ramli Telah Berpulang. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Indonesia kehilangan salah satu tokoh perekonomian dan mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Ramli, yang meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Rizal Ramli dikenal sebagai penerobos berani yang meninggalkan jejak perjuangan sejak era pergerakan mahasiswa 1977/78. Julukan seperti Sang Penerobos dan Rajawali Ngepret melekat padanya, mencerminkan keberanian dan keunikan pendekatannya.

Lahir pada 10 Desember 1954, Rizal Ramli memiliki rekam jejak impresif, meniti karier dari kepemimpinan di Badan Urusan Logistik (Bulog) hingga menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Posisi penting lainnya mencakup peran sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan di Kabinet Persatuan Nasional era Gus Dur.

Meski ditawari posisi strategis oleh Soeharto dan Gus Dur, Rizal Ramli menunjukkan keputusan tegas dengan menolak, hingga akhirnya menerima tawaran menjadi Kepala Badan Urusan Logistik.

Indonesia meratapi kepergian sosok yang tidak hanya sebagai pejabat negara, tetapi juga sebagai perwira perubahan dan intelektual yang berani bersuara. Selamat jalan, Rizal Ramli.

Bukan hanya di dalam negeri, di kancah internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut