get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Ganjar Gagas Politik Luar Negeri dan Penguatan Diplomatik Kekinian

Senin, 08 Januari 2024 | 08:14 WIB
header img
Tiga calon presiden melakukan debat di Jakarta. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id – Calon presiden 2024 nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengatakan politik luar negeri sebagai alat negosiasi dengan negara lain harus disesuaikan dengan kondisi kekinian demi kepentingan nasional. 

Gagasan tersebut disampaikan Ganjar dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024) malam.

“Kita mesti betul-betul bisa melakukan redefinisi terhadap politik luar negeri yang bebas aktif yang disesuaikan dengan kondisi kekinian,”ujar Ganjar. 

Ganjar menjelaskan, politik luar negeri harus disesuaikan dengan keinginan bangsa dan negara, serta kebutuhan rakyat. 

“Ini penting, karena apa? Karena kita perlu untuk memilih, memilah, dan memprioritaskan yang menjadi kekuatan, keinginan dari bangsa dan negara ini. Rakyat!” tuturnya. 

Dia menuturkan, saat ini rakyat Indonesia membutuhkan pekerjaan, sehingga dibutuhkan investasi yang lebih banyak. 

"Rakyat butuh bekerja. Rakyat butuh lapangan kerja lebih banyak, investasi yang lebih banyak,”kata kontestan pilpres 2024 yang berpasangan dengan Mahfud MD ini. 

Oleh sebab itu, Ganjar mengagas terobosan ide untuk memperkuat infrastruktur diplomasi Republik Indonesia. Duta besar dan atase diplomatic akan ditugaskan untuk membereskan persoalan  kepentingan nasional seuai dengan kondisi kekinian. 

“Maka kita mesti memperkuat infrastruktur diplomasi kita. Duta besar, atase diplomatik, dan tentu saja inilah yang mesti kita berikan penugasan-penugasan untuk membereskan persoalan-persoalan kepentingan ekonomi nasional dalam konteks kekinian,” imbuh Ganjar.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut