get app
inews
Aa Read Next : Kapal Pinisi Ayana Lako Dia Jalani Perawatan di PT PAL Indonesia

Kapal Rumah Sakit Indonesia Resmi Berangkat ke Jalur Gaza, PT PAL: Kehormatan Bangsa Indonesia

Jum'at, 19 Januari 2024 | 16:22 WIB
header img
Kapal rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 besutan PT PAL Indonesia ini diberangkatkan menuju perairan dekat jalur Gaza untuk misi kemanusiaan. Foto/PT PAL

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Kapal Rumah Sakit Indonesia berangkat ke Jalur Gaza. Kapal rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 besutan PT PAL Indonesia ini diberangkatkan menuju perairan dekat jalur Gaza untuk misi kemanusiaan.

Keberangkatan kapal diresmikan secara langsung oleh Menhan RI Prabowo Subianto, dari Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, pada Kamis (18/1/2024).

COO PT PAL Indonesia Iqbal Fikri mengaku bahwa dirinya merasa haru mendengar kabar tersebut. "Tentunya kita merasa haru dan bangga. Haru karena tetesan keringat setiap Insan PAL dalam membuat kapal ini akan menjadi sumbangsih dalam sebuah misi kemanusiaan, untuk suatu operasi yang menegakkan nilai dasar peradaban manusia, yaitu tolong menolong, kasih mengasihi, pada umat manusia lain yang mengalami penderitaan," terangnya, Jumat (19/1/2024).

Kata Iqbal Fikri, rasa bangga itu karena buah pikiran dan pengetahuan Insan PAL dalam membangun sebuah kapal berfungsi penuh layaknya Rumah Sakit di darat, dapat bermanfaat pada kemanusiaan, tidak terbatas di negeri sendiri tapi umat manusia secara keseluruhan.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 akan menjadi kapal rumah sakit pertama karya PT PAL Indonesia yang akan menjalankan misi internasional dengan menampung bantuan kemanusiaan. 

Menurut informasi yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali, Kapal BRS telah dipenuhi oleh 200 ton bantuan dalam bentuk makanan, selimut, tenda dan perlengkapan medis dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia yang dikumpulkan oleh TNI AL sejak awal November 2023 lalu. 

Kapal BRS ini nantinya akan berlayar menuju Pelabuhan Al Arish Mesir, dan bantuan akan disalurkan oleh otoritas berwenang Mesir yaitu Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) melalui jalur darat untuk menuju ke wilayah Gaza.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 juga merupakan produk kebanggaan PT PAL sebagai galangan kapal yang mampu memproduksi kapal dan memiliki fasilitas serta teknologi tinggi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut