get app
inews
Aa Read Next : Jadi Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional, Cantiknya Ning Lia Bikin Baper

Pemilu 2024 di Pragaan Sumenep Diawasi 213 Pegawas TPS

Senin, 22 Januari 2024 | 15:52 WIB
header img
Prosesi pelantikan PTPS se Kecamatan Pragaan Sumenep. Foto: iNewsSurabaya/Rahmat

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pragaan, Sumenep, Jawa Timur, melantik 213 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin (22/1/2024). Kegiatan yang dihadiri jajaran pimpinan Forkopimka setempat itu dipusatkan di aula Ponpes Al-Amin 1 Putri, Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan.

Ketua Panwascam Pragaan, Moh Rofiqi, memaparkan kegiatan itu merupakan rangkaian perekrutan PTPS yang akan ditugaskan mengawasi tiap TPS di Kecamatan Pragaan. Setelah pelantikan, kegiatan akan dilanjutkan dengan orientasi tugas dan fungsi PTPS. 

"Selamat kepada semua Pengawas TPS yang hari ini diambil sumpahnya. Semoga mampu menjalankan tugas dengan baik," ujar Rofiqi dalam sambutannya.

Ia menegaskan PTPS dilarang berperilaku di luar tanggung jawab yang dibebankan. PTPS juga diwajibkan netral dalam bertugas. Selain itu, Rofiqi juga mengatakan PTPS tidak boleh berperilaku yang mengarah pada dukungan peserta Pemilu, termasuk juga tidak boleh merugikan peserta Pemilu. 

Dalam rangka menjaga profesionalitas tersebut, Rofiqi menyebut merasa perlu memberikan pembekalan untuk PTPS. Sehingga PTPS dalam menjalankan tugas sesuai dengan produk hukum yang berlaku. 

"Jadi ke depan, PTPS harus bisa memaksimalkan pengawasan. Sehingga Pemilu 2024 melahirkan negarawan yang bisa mengembangkan bangsa dan negara Indonesia dari semua sisi kehidupan," ujar Rofiqi.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut