get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mesra di Hari Raya, Tim Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri Bertemu, Ini yang Dibicara

6 Suku Indonesia Yang Menjadi Sorotan Dunia Karena Keunikannya

Minggu, 06 Februari 2022 | 08:01 WIB
header img
Foto: Papua Daily

SURABAYA, iNews.id - Indonesia adalah negara yang kaya akan suku dan masing-masing suku memiliki keunikannya tersendiri. Sehingga banyak negara asing yang menyoroti suku-suku tersebut karena keunikannya.

Inilah 6 suku di Indonesia karena keunikannya :

1. Suku Korowai, Papua Barat


Foto: Papua Daily

Suku Korowai yang berada di Papua ini sempat mendapat sorotan dunia di tahun 1970-an saat sekelompol ilmuwan yang dipimpin oleh Peter Van Arsdale hendak mempelajari cara hidup Suku Korowai dan mencari tahu alasan suku ini masih melakukan praktek kanibalisme. 

Disamping kisah kanibalisme yang masih dilakukan oleh suku ini, ada budaya lain Suku Korowai yang begitu unik yaitu kemampuan suku ini membuat rumah diatas pohon. 

Suku Korowai memang begitu menyukai tinggal diatas pohon dengan ketinggain rata-rata 35 meter dari atas tanah. Hal ini dilakukan untuk menghindari nyamuk dan roh jahat.
 
2. Suku Baduy Dalam, Banten

Suku Baduy atau tepatnya Suku Baduy Dalam tidak menggunakan produk-produk modern, sesederhana peralatan masak, penerangan listrik dan transportasi umum. Meskipun bepergian ke kota sekalipun, Suku Baduy Dalam menggunakan perjalanan kaki. 

Situasi ini membuat Suku Baduy Dalam tidak bisa melakukan perjalanan menyeberangi pulau karena akan melanggar pelarangan menggunakan transportasi. 

3. Suku Mentawai, Sumatera Barat


Foto: Mentawai.org

Bagi Suku Mentawai, tato bukan hanya sekedar gaya melainkan tanda abadi yang akan mempertemukan mereka dengan para leluhur di alam baka nanti. 

Tato juga menjadi penanda strata sosial dan setiap tato punya cerita, makna dan diiringi ritual setiap pembuatannya.

4. Suku Lamalera, Nusa Tenggara Timur


Foto: Travelingyuk

Perburuan ikan paus yang dilakukan oleh Suku Lamalera. Walaupun kegiatan ini dilarang oleh para pegiat satwa liar dan konservasi alam tetapi nyatanya aktifitas ini sudah mandarah daging sejak ratusan tahun yang lalu bagi Suku Lamalera. Ritual memburu paus ini diawali dengan doa dan pemotongan ayam hitam untuk mendoakan supaya proses perburuan berjalan lancer. 

Perburuan paus dalam rentang waktu bulan Mei sampai Oktober ini merupakan kegiatan rutin yang hasil perburuannya akan dibagi-bagi kepada seluruh penduduk sesuai dengan sumbangsihnya kepada desa. Pemerintah setempat juga tidak melarang hal ini selama hasil perburuan digunakan untuk konsumsi pribadi dan bukan untuk dijual.
 
5. Suku Kajang, Sulawesi Selatan 


Foto: Twitter.com @desamodern

Suku ini berasal dari Propinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Bulukumba. Daerah tersebut dijuluki Ammatoa yang artinya tanah yang tertua. Dimana masyarakatnya meyakini daerahnya adalah tanah tertua yang diciptkan oleh Tuhan di bumi ini. 

Suku Kajang terkenal memiliki ilmu hitam yang bernama Doti. Ilmu tersebut konon bisa merenggut nyawa yang menjadi korbannya. Orang Suku Kajang juga disebut mempunyai ilmu kebal dan bisa melembekkan kepala orang seperti permen karet.

6. Suku Bajau, Kalimantan


Foto: Okezone

Suku Bajau tidak hanya di Kalimantan akan tetapi juga menyebar di Sulawesi , Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan juga daerah lainnya karena suku ini terbilang menjalani hidup nomaden. 

Keunikan suku ini adalah karena mereka tinggal diatas laut dan terbiasa menyelam bahkan sampai di kedalaman 70 meter tanpa bantuan alat pernafasan.

(Penulis: Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut