get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Tak Perlu Panik! Stok Beras di Kota Pahlawan Melimpah dan Aman, Ini Jumlahnya

Sabtu, 27 Januari 2024 | 22:07 WIB
header img
Stok Beras di Kota Pahlawan Melimpah dan Aman. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan jaminan bahwa persediaan beras di Kota Pahlawan sangat berlimpah. Tercatat jumlah ketersediaan beras mencapai 52.321,85 ton untuk kebutuhan bulanan sekitar 15.888,03 ton. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Antiek Sugiharti, menyatakan bahwa Indeks Ketahanan Pangan (IKP) bulan Januari 2024 mencapai 3,30, menunjukkan peningkatan dari bulan sebelumnya.

"Dengan IKP 3,30, stok beras di Surabaya sangat mencukupi untuk 3 bulan ke depan. Masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan menghindari pembelian beras secara berlebihan," ungkap Antiek pada Kamis (25/1/2024). Jadi, keamanan pangan di Kota Surabaya tetap terjaga dengan baik. 

Dengan demikian, Antiek berharap masyarakat dapat bijak saat berbelanja beras. Karena ketersediaan stok beras untuk penduduk Kota Pahlawan sangat aman dan mencukupi, bahkan hingga 3 bulan ke depan. “Warga dengan kesadarannya, berbelanja secukupnya saja karena kalau membeli terlalu banyak kemudian disimpan terlalu lama bisa rusak,” ujarnya.

Ia pun menghimbau, sebelum membeli beras maupun komoditi yang lainnya, masyarakat dapat terlebih dahulu memperhatikan layar monitor terkait informasi harga yang dipasang oleh Pemkot Surabaya dan telah terpasang di pasar-pasar. 

“Jika ada pedagang menjual diatas harga yang sudah dipajang oleh Pemkot Surabaya, lebih baik mencari pedagang lain sesuai dengan harga yang dipublish pemerintah,” terangnya.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan pengawasan, serta pemantauan terhadap stok dan harga bahan pokok agar selalu dalam keadaan aman dan mencukupi.

“Kami langsung melakukan antisipasi jika terdapat indikasi kenaikan harga. Selalu kami informasikan dan sampaikan kepada masyarakat,” kata dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut