get app
inews
Aa Read Next : Silaturahim Kebangsaan, PKS Jatim Bangun Komunikasi Politik dengan Gerindra Menyongsong Pilkada

Desak Revisi RUU Sisdiknas, IFSR bersama Forum OSIS Malang dan YDF Datangi DPRD Jatim

Sabtu, 03 Februari 2024 | 19:56 WIB
header img
Dari kiri, Ahmad Asas Hakiki, Handy Muharam Nataprawira, Anggota DPRD Provinsi Jatim Komisi E Hartoyo, Hanif Senaryan Rabbani, Khofifah Aqsha Rosyadi, dan Salsabila Risa Santoso. Foto/Istimewa.

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Perwakilan Masyarakat Aliansi Kesejahteraan Siswa-siswi dari Manajer Indonesia Food Security Review (IFSR) bersama Forum OSIS Malang (Fom) dan Youth Development Forum (YDF) mendatangi DPRD Jawa Timur.

Kedatangan mereka guna menyampaikan aspirasinya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, agar segera membahas Revisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

Program Manajer Indonesia Food Security Review (IFSR), Handy Muharam Nataprawira, menegaskan bahwa revisi UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas harus segera dilakukan. Hal itu untuk memastikan kesejahteraan peserta didik.

“Hal tersebut sejalan dengan UUD Negara Republik Indonesia Pasal 28B dan 28H. Kami juga mendesak DPRD Jatim segera membahas hal tersebut secara komprehensif,” tegasnya melalui siaran pers, Sabtu (03/4/2024).

Selain audiensi, tiga elemen itu juga memberikan hasil kajian berupa naskah akademik terkait perubahan UU tersebut.

“Audiensi kami disambut baik oleh perwakilan dari Komisi E DPRD Provinsi Jatim Pak Hartoyo, dan beliau mengatakan menerima dan akan membahas naskah akademik hasil kajian IFSR dalam rapat pembahasan Komisi E,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator FOM Ahmad Asas Hakiki mengungkapkan bahwa pembahasan tersebut sudah seringkali dilalukan oleh pihaknya bersama IFSR.

“Pembahasan kami menemukan akar permasalahannya dari kualitas Sumber Saya Manusia (SDM), yaitu kurangnya asupan makanan bergizi anak-anak usia pertumbuhan, menurunnya rata-rata IQ SDM, pernikahan dini, stunting dan masih ada faktor lainnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar RUU Sisdiknas agar segera dibahas demi mempersiapkan kondisi ideal bagi mutu SDM di Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut