get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Subholing Pelindo Catat Arus Peti Kemas Tahun 2023 Tumbuh 2,63 Persen, 2024 Target 12,1 Juta Teus

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:06 WIB
header img
Tahun 2023 Subholing Pelindo Catat Arus Peti Kemas Tumbuh 2,63 Persen. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) mencatat arus peti kemas sepanjang tahun 2023 mencapai 11,53 juta teus. Jumlah tersebut tumbuh sekitar 2,63 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022 yang tercatat sebanyak 11,23 juta teus. 

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan arus peti kemas 2023 terdiri dari 3,62 juta teus peti kemas internasional dan 7,91 juta teus peti kemas domestik.

“Peti kemas internasional tumbuh sekitar 3,9 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 0,5 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra, Rabu (07/02).

Lebih lanjut, peningkatan arus peti kemas internasional dipicu oleh adanya penambahan rute peti kemas internasional oleh perusahaan pelayaran. Pada tahun 2023, SPTP mencatat sedikitnya terdapat penambahan 20 layanan rute baru yang melalui di IPC TPK, TPS Surabaya dan Terminal Teluk Lamong. Terdapat 9 rute baru yang dilayani di IPC TPK, 6 rute di TPS Surabaya, dan 5 rute baru di Terminal Teluk Lamong.

Perseroan menargetkan arus peti kemas tahun 2024 sebanyak 12,1 juta teus. Untuk mencapai target tersebut, SPTP akan menggali potensi pembukaan rute baru baik internasional dan domestik bersama perusahaan pelayaran. SPTP juga akan melakukan kegiatan pemasaran bersama perusahaan pelayaran untuk program kontainerisasi muatan yang selama ini masih menggunakan kapal non peti kemas.

“Kolaborasi rute tol laut dengan rute hub and spoke bersama pelayaran komersial juga menjadi salah satu upaya yang akan dilakukan oleh PT Pelindo Terminal Petikemas untuk meningkatkan arus peti kemas yang dilayani di terminal yang dikelola oleh perseroan,” lanjutnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut