get app
inews
Aa Read Next : Hadapi Pilkada Serentak 2024, PAN-Demokrat Sepakati Kerjasama Politik di 15 Kabupaten/Kota di Jatim

Jalur Zonasi dalam PPDB SMA dan SMK Jawa Timur Tahun Ajaran 2024-2025 Berubah, Ini Terobosannya

Minggu, 11 Februari 2024 | 18:31 WIB
header img
Sistem Zonasi dalam PPDB SMA dan SMK Jawa Timur Tahun Ajaran 2024/2025 Berubah. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) telah memulai sosialisasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2024/2025 pada Rabu (7/2). Acara sosialisasi yang dihadiri oleh berbagai pihak penting, mulai dari Kepala Kantor Kemenag Provinsi hingga Ketua & Sekretaris Dewan Pendidikan, menyoroti satu perubahan signifikan dalam mekanisme jalur zonasi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini mengalami perubahan esensial dalam mekanisme jalur zonasi. Jika sebelumnya zonasi didasarkan pada jarak dalam lingkup zona kabupaten/kota, kini jalur zonasi diatur berdasarkan zona kelurahan/desa. Penentuan zona tersebut dipertimbangkan dengan cermat, memperhitungkan sebaran sekolah, kondisi geografis, dan sebaran domisili calon peserta didik.

Perubahan ini mengacu pada Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek RI Nomor : 47/M/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. 

Aries Agung Paewai, Kepala Dindik Jatim, menegaskan pentingnya sosialisasi perubahan kebijakan ini kepada masyarakat, dengan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Kemenang, Dinas Kab/Kota, dan Cabang Dindik di masing-masing wilayah.

"Dengan adanya perubahan kebijakan zonasi ini, kita berharap masyarakat dapat memahami dan mendukung proses PPDB tahun 2024 dengan baik," ujar Aries saat dikonfirmasi pada Minggu (11/2).

Dengan perubahan yang berfokus pada keterjangkauan dan keadilan akses pendidikan, langkah ini menandai terobosan baru dalam meningkatkan transparansi dan inklusivitas dalam sistem pendidikan di Jawa Timur.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut