get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Tips Cegah Kelelahan Petugas KPPS versi Dokter Akmarawita Kadir Jelang Pemungutan Suara

Senin, 12 Februari 2024 | 12:28 WIB
header img
dr Akmarawita Kadir beerkunjung di puskesmas Dukuh Pakis mengecek kesiapan puskesmas jelang pencoblosan. Foto iNewSurabaya/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menyongsong proses kegiatan Pemilihan Umum  2024, diperlukan kesiapan di bidang kesehatan agar hal-hal yang pernah terjadi pada Pemilihan Umum 2019 tidak terulang kembali.

Hal itu ditegaskan dr Akmarawta Kadir, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Surabaya. Ia sangat berharap peristiwa petugas KPPS yang meninggal dunia dan jatuh sakit saat bertugas, tidak terjadi lagi.

"Saya dengar memang sudah ada kerjasama dan koordinasi antara KPU RI dan Kementerian Kesehatan dalam hal ini, tetapi kita ingin melihat secara langsung implementasi dan kesiapan khususnya di Kota Surabaya ini," ujar Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, Senin (12/2/2024).

Dinkes Kota Surabaya diharapkan sudah haruss bisa memetakan penyebab banyaknya petugas KPPS yang sakit dan meninggal di tahun 2019 lalu. 

Akma berharap, Dinas Kesehatan Surabaya sudah mempersiapkan segala hal. 

"Termasuk kesiapan SDM, sarana dan prasarana kesehatan seperti oksigen, obat-obatan dan lain-lainnya.Tentunya juga sudah ada koordinasi dengan KPU kota Surabaya dalam masalah ini untuk mencegah terulangnya kasus tersebut," sambung politisi Golkar Dapil 5 Kota Surabaya ini. 

Menurut Akma, koordinasi ini harus betul-betul dilaksanakan dengan serius. Agar  jangan sampai adalah petugas KPPU dan yang terlibat dalam pemilu di tahun 2024 ini menjadi kelelahan fisik maupun mentalnya hingga sampai menyebabkan hilangnya nyawa. 

"Di luar sana, saya mendengar memang sudah ada petugas kesehatan dan tim yang bergerak mobile di setiap kecamatan, kelurahan ke setiap RT dan RW, termasuk puskesmas juga standby penuh," urainya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut