get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan PPIH Embarkasi Surabaya, Momentum Beri Layanan Prima Jemaah Haji, Ini Pesan Pj Gubernur

Plh Gubernur Jatim Lakukan Pembersihan Eceng Gondok di Kali Buntung

Kamis, 15 Februari 2024 | 18:59 WIB
header img
Plh Gubernur Jatim Lakukan Pembersihan Eceng Gondok di Kali Buntung. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Plh. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono melakukan susur sungai sekaligus pembersihan eceng gondok di wilayah Juanda dan Bungurasih Sidoarjo, Kamis (15/2/2023).

Pembersihan sungai ini dilakukan sebagai operasi tanggap darurat terhadap banjir yang terjadi di wilayah Sidoarjo pada 5 Februari 2024 yang lalu. Adhy menegaskan bahwa proses penanganan akan terus dilakukan dan akan selesai dalam jangka waktu satu bulan.

"Ini adalah operasi tanggap darurat bencana banjir yang kemarin di kawasan sekitar Sidoarjo, kita bersama melanjutkan pembersihan eceng gondok di jalur Kali Buntung supaya air dapat mengalir dan tidak tergenang dari hulu ke hilir karena koloni eceng gondok yang menutupi permukaan sungai," ungkapnya. 

Pembersihan sungai dari eceng gondok dimulai dari pos Susur Sungai Segoro Tambak menggunakan perahu karet. Dalam peninjauan ini, dari total 5 km aliran yang tertutup eceng gondok, 1,4 km telah dibersihkan menggunakan satu buah excavator. 

Dalam proses susur sungai, rombongan memecah kumpulan eceng gondok yang tumbuh setinggi setengah meter dan menahan laju aliran sungai. Tampak juga sisa-sisa eceng gondok yang telah diurai dengan excavator di muara sungai. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut