get app
inews
Aa Read Next : Rayakan HUT Kopaska ke-62, 14 Anggota Satpol PP Surabaya Ikut Lomba Renang Sebrangi Selatan Madura

Mengenal Kopaska, Pasukan Elite TNI AL

Selasa, 20 Februari 2024 | 08:54 WIB
header img
Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah salah satu unit pasukan khusus TNI Angkatan Laut Indonesia. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

Pendidikan Penghancuran bawah air Underwater Demolition Team (UDT) merupakan tahap terakhir dari pendidikan Kopaska. Hal ini merupakan keahlian khusus serta ciri khas pasukan katak di seluruh dunia. 

Dalam tahap ini dipelajari teknik menjinakkan ranjau, patroli pantai, renang rintis, penyelaman laut dalam, selam dengan Scuba Close Circuit, sabotase kapal musuh dengan torpedo berjiwa, dan penyerbuan dalam laut. 

Karena pendidikan ini adalah bagian akhir dari pendidikan madya brevet Paska, pelatih mengadakan latihan berganda yang mencakup keseluruhan materi yang pernah diberikan. 

Akhir dari pendidikan Kopaska yang hampir 1 tahun itu ditandai dengan digelarnya operasi amfibi khusus, demo UDT, Infiltrasi, raid amfibi dan keahlian lain yang dimiliki pasukan katak TNI AL ini di depan para petinggi TNI AL. 

Paskat “muda” ini berhak atas baret merah Kopaska, Brevet Manusia Katak, Brevet Para Dasar, Brevet Menembak TNI AL, Brevet Selam TNI AL, Brevet Renang Selat dan brevet lainnya yang berhak mereka kenakan.

Sebagai bagian dari TNI, TNI AL bertanggung jawab atas pertahanan negara dan kedaulatan wilayah laut Indonesia, yang merupakan salah satu wilayah laut terbesar di dunia. 

Mereka juga berperan dalam menjaga keamanan laut regional, serta menjalankan misi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam di wilayah perairan Indonesia dan di luar negeri.

 


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut