get app
inews
Aa Read Next : Sungai Driyorejo Telan Korban, Bapak dan Anak Ditemukan Tewas

WNA Australia Hilang Saat Berselancar di Perairan Grajagan Banyuwangi Ditemukan Tewas

Selasa, 05 Maret 2024 | 11:09 WIB
header img
Jenazah turis asal Australia berhasil di evakuasi oleh tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia, Selasa (05/3/2024). Foto/Basarnas Surabaya

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Warga negara asing (WNA) asal Australia, Gunther Henry Kitzler (57) yang hilang di Perairan Grajagan Banyuwangi saat berselancar ditemukan tewas.

Jenazah turis asal Australia tersebut ditemukan oleh tim SAR gabungan pukul 08.46 WIB di pesisir Pantai Marengan, berjarak sekitar 5 kilometer dari lokasi dilaporkan hilang

"Korban berhasil di evakuasi oleh tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia pada jarak 5 km dari lokasi kejadin," terang Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi, Selasa (05/3/2024).

"Selanjutnya korban di evakuasi ke RSU Blambangan Banyuwangi," lanjutnya.

Dengan diketemukannya korban, maka operasi SAR di ditutup dan semua unsur yang terlibat kembali ke kesatuan masing masing. 

Diberitakan sebelumnya, WNA ini dikabarkan hilang saat berselancar sekitar pukul 06.00 WIB. 

Berdasarkan laporan yang dihimpun, awalnya 2 WNA asal Australia yaitu Gunther dan Christopher serta 1 WNA New Zealand, yakni Gregor melakukan surfing di Perairan Grajagan pukul 05.30 WIB. 

Gunther melakukan meluncur ke laut 10 menit lebih awal kemudian disusul oleh Christopher dan Gregor. 15 menit kemudian, kedua orang tersebut melihat papan selancar milik Gunther mengapung dengan kondisi kaki Gunther masih terikat dengan papan surfingnya. 

Saat berupaya menolong Gunther menuju tepi pantai, tiba-tiba ada ombak besar yang mengakibatkan tali papan selancar terputus dan Gunther tenggelam.

Chris dan Gregor kemudian melaporkan kejadian ini kepada pihak hotel tempat mereka menginap sebelum akhirnya dilaporkan kepada petugas berwenang. 

Hariyadi menegaskan, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya sudah mengerahkan satu tim rescue Pos SAR Banyuwangi untuk lakukan pencarian atas satu orang warga negara asing (WNA) asal Australia tersebut.

“Kurang lebih jam 10.55 WIB tadi, tim rescue dari Pos SAR Banyuwangi kita kerahkan dengan membawa peralatan water rescue seperti Rubber Boat dan Mopel untuk lakukan pencarian korban atas nama Henry Gunther,” terangnya

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut