get app
inews
Aa Text
Read Next : Petra Christian University Raih Prestasi Gemilang, Masuk 100 Besar Perguruan Tinggi di Asia Tenggara

Cara Menaikkan Reputasi Produk UMKM Agar Bertahan di Tengah Perkembangan Dunia Bisnis

Jum'at, 08 Maret 2024 | 18:00 WIB
header img
Angelica, pemilik UMKM "Manoela charm" yg juga mahasiswi PCU saat membuat phone strap. Foto/PCU

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Peran UMKM masih sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Tapi bagaimana mereka bisa bertahan di tengah perkembangan dunia bisnis yang semakin cepat ini?

Cara menaikkan reputasi produk UMKM agar bertahan di tengah perkembangan dunia bisnis inipun menjadi topik utama BDM Festival 2024.

"Pembentukan branding yang tepat, jadi solusinya. Dengan begitu, bisnis yang dijalaninya bisa sustainable," tegas Feni Setiawati, Ketua Acara BDM Festival 2024 di di Ciputra World Surabaya.

Festival tersebut merupakan sebuah pengabdian masyarakat dari Branding and Digital Marketing PCU (Petra Christian University) untuk membantu UMKM, terutama kategori menengah ke bawah agar lebih peduli akan pembentukan branding yang tepat. Sebanyak 100 mahasiswa PCU antusias membantu pertumbuhan UMKM Indonesia.

Menurut Feni, branding adalah jantung dari sebuah bisnis, karena pelanggan akan melakukan pembelian jika brand tersebut diyakini dapat memuaskan kebutuhan atau keinginannya. 

"Kepercayaan itu dibangun dari bagaimana brand membentuk citra dirinya di mata pelanggan,” ujar Feni.

BDM Festival ini sendiri merupakan bagian dari pengabdian masyarakat oleh BDM PCU, yang dikemas dalam bentuk mini bazar untuk produk-produk UMKM yang telah dibina oleh mahasiswa PCU. 

Pesertanya (mahasiswa PCU) ada 100 mahasiswa dari berbagai program. Mereka dibagi menjadi 25 kelompok yang terdiri empat orang. Masing-masing kelompok menuntun satu brand UMKM pilihannya.

“BDM PCU secara khusus memberikan materi-materi dan poin penting tentang Branding and Digital Marketing kepada para peserta. Mereka bisa menerapkan hal itu sesuai kebutuhan UMKM yang sudah dianalisa sebelumnya. Beberapa hal seperti logo, social media, konten, dan color brand, menjadi faktor penentu di dalam branding itu sendiri,” imbuh Feni.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu peserta, yakni Jesika Silionel. Ia membimbing UMKM yang sudah berdiri sejak tahun 2019, untuk lebih gencar melakukan branding di media sosial.

“Pelaku UMKM ini masih memerlukan banyak bantuan dalam hal promosi dan publikasi, agar masyarakat dapat mengenal produk dan brandnya. Oleh sebab itu saya dan tim melakukan pendampingan kepada UMKM untuk menguatkan promosi lewat media sosial Instagram, dengan membuat logo baru dan hashtag tentang UMKM,” imbuh mahasiswi Finance and Investment PCU itu.

Ada pula games booth yang telah disiapkan oleh para peserta. Beragam model permainan itu menjadi ajang promosi bagi UMKM untuk mengenalkan produknya ke khalayak luas, dengan cara memberikan produk atau voucher UMKM kepada para pemenang games.

Mengambil tema “Supporting Local Heroes”, BDM Festival 2024 juga menghadirkan Make Up Class pada hari pertama (08/03). Dibawakan langsung oleh Feni, yang tak lain adalah Ketua Acara BDM Festival 2024.

Selama kurang lebih dua jam, ia akan memberikan workshop yang interaktif tentang Korean everyday makeup look yang cenderung simple dan natural. 

“Style makeup ini hanya memperindah, tidak mengubah fitur wajah. Disampaikan juga tentang cara memilih warna yang tepat agar wajah terlihat fresh. Misal, lewat pemilihan warna blush, eyeshadow, atau lip tint,” sahut gadis yang telah menekuni makeup selama empat tahun itu.

Workshop ini ditujukan untuk para muda-mudi yang kini mulai membangun personal branding lewat penampilan. Supaya mereka bisa tampil lebih percaya diri, karena penampilan visual pun dapat menjadi faktor pendukung yang kuat di balik kepribadian seseorang.

Tidak dipungut biaya, workshop ini terbuka untuk umum, dan tercatat ada 30 peserta yang mengikuti Make Up Class dari mahasiswi PCU ini. 

Sedangkan pada hari kedua (09/03), giliran mahasiswa Visual Communication Design atau DKV PCU yang akan memberikan workshop tentang Mirror Painting. Ini merupakan workshop menghias kaca aesthetic dengan menggunakan cat warna.

Diketahui, Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif.

 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut