get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Jamin Layanan Prima Selama Libur Panjang Idul Fitri 2024

Langkah Cerdik Pelindo Regional 3 Promosikan Batik Maritim ke Pasar Internasional

Sabtu, 16 Maret 2024 | 01:41 WIB
header img
Pelindo Regional 3 menyambut kedatangan kapal pesiar Seven Seas Mariner dengan menggelar pagelaran busana dan pameran batik maritim. Foto/Pelindo

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 atau Pelindo Regional 3 memiliki langkah cerdik dalam mempromosikan batik maritim ke pasar intenasional.

Batik maritim itupun dihadirkan untuk menyambut kapal pesiar Seven Seas Mariner, ketika singgah di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Jumat (15/3/2024). Turis mancanegara disuguhi pagelaran busana dan pameran batik.

Pagelaran busana menampilkan batik maritim karya UMKM Batik warga Klampar, Pamekasan yang didesain menjadi busana oleh desainer Embran Nawawi. UMKM binaan Pelindo ini juga menghadirkan berbagai produk batik unggulan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Batik maritim merupakan motif batik yang terinspirasi dari keindahan laut dan budaya maritim Indonesia. Peluncuran batik maritim ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan dan meningkatkan minat masyarakat terhadap batik.

Juju Juarsih, Regional Division Pelayanan SDM dan UMUM Pelindo Regional 3 mengatakan, kegiatan yang digelar berbarengan dengan kedatangan Cruise berpenumpang 1000 orang ini merupakan wujud komitmen Pelindo dalam mendukung pengembangan UMKM batik di Indonesia. Hal itu sekaligus mempromosikan warisan budaya tak benda UNESCO ke pasar internasional.

"Pelindo sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab untuk turut mengembangkan ekonomi kerakyatan, salah satunya dengan membantu UMKM batik untuk naik kelas. Kami berharap dengan kegiatan ini, batik Indonesia semakin dikenal di dunia internasional dan dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin batik," ujar Juju Juarsih

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur, Ir Moh Gunawan Saleh, yang hadir langsung menyasikan pagelaran ini menyambut baik dan mengapresiasi kepedulian Pelindo dalam meningkatkan nilai batik, terlebih Jawa Timur memiliki sejumlah batik khas yang bisa mendorong peningkatan ekonomi UMKM

“Kami mengapreasi Pelindo yang sudah peduli pada batik, terutama batik yang di kreasi oleh UMKM di Jawa Timur, harannya ketika ini bisa dipasarkan ke Internasional akan menambah nilai ekonomi bagi para perajinnya," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut