get app
inews
Aa Read Next : MR.DIY Edukasi Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatan Barang Bekas di Sampoerna Academy Surabaya

Dukung Indonesia Bebas Sampah 2025, MR.DIY Sediakan Dropbox Recycle Station di 10 Toko Jaringan

Rabu, 20 Maret 2024 | 14:25 WIB
header img
Head of Marketing MR.DIY Indonesia, Ria Sutrisno (tengah), memasukkan sampah botol bekas ke dalam dropbox recycle station di MR DIY Pakuwon Mall Home Pro, Surabaya, Rabu (20/3/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - MR.DIY menyediakan dropbox recycle station di 10 toko MR.DIY yang tersebar strategis di wilayah Jabodetabek, Bandung, hingga Surabaya. Dropbox stasiun daur ulang tersebut guna mendukung program Indonesia bebas sampah 2025.

Head of Marketing MR.DIY Indonesia, Ria Sutrisno, mengatakan sampah di Indonesia masih menjadi titik persoalan yang belum terselesaikan. 

Menyadari hal ini, brand ritel dengan cabang terbanyak di Indonesia yang dikenal hemat, lengkap, dan dekat, MR.DIY menghadirkan inisiatif pilah sampah lebih mudah yang holistik dengan fokus 3R (Reuse, Reduce, Recycle). 

“Inisiatif pilah sampah lebih mudah merupakan wujud komitmen MR DIY untuk mendukung program Indonesia Bebas Sampah. Yaitu dengan memperkenalkan praktik manajemen sampah yang tepat dan berkelanjutan kepada masyarakat, serta mengubah perspektif dalam pengelolaan sampah," terangnya di MR DIY Pakuwon Mall Home Pro, Surabaya, Rabu (20/3/2024).

Ria bilang, dengan fokus Reduce, Reuse, dan Recycle, MR.DIY mengimplementasikan inisiatif ini ke dalam berbagai program kegiatan, mulai dari peningkatan literasi pengelolaan sampah sejak dini.

"Penyediaan dropstation box di toko-toko kami, serta nantinya akan berkolaborasi dengan organisasi dan pemerintah lokal di kota-kota lainnya,” lanjut Ria. 

Pihaknya berharap program ini dapat membuat konsumen dan masyarakat lebih mudah untuk membuang dan memilah sampah dengan benar, sehingga mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan, serta program ini dapat menciptakan lebih banyak agen perubahan dan mendorong terciptanya Indonesia Bersih 2025. 

"Satu langkah kecil dari setiap individu adalah awal penting bagi keberlanjutan lingkungan,” ucap Ria.

Rangkaian program pilah sampah lebih mudah dimulai dengan kegiatan kunjungan sekolah di kota Surabaya. Salah satunya yakni Sampoerna Academy Surabaya.

Murid-murid tingkat early learning Sampoerna Academy Surabaya diajak memainkan permainan memilah sampah, dilanjutkan pemanfaatan barang bekas membuat Self-Watering Planters. Program ini pun juga disambut antusias positif dari beberapa sekolah di Surabaya. 

Adelina Holmes, Principal of Sampoerna Academy Pakuwon Indah, menuturkan bahwa sebagai pionir STEAM, program ini sangat dekat dengan misi Sampoerna Academy yang bertujuan menciptakan para pemimpin masa depan dan pemikir global yang peduli lingkungan. 

"Hal ini juga sejalan dengan International Early Years Curriculum (IEYC) yang kami usung di Sampoerna Academy. Sejak awal tahun kami memulai program Let’s Play Outside yang mengajak para murid untuk lebih peduli dengan lingkungan dan memikirkan langkah kecil apa yang mereka bisa lakukan di rumah, sekolah, bahkan lingkungan sekitarnya,” ujar Adelina Holmes.

Sementara menurut Duta Lingkungan Jawa Timur 2023, Maulana Hayshar, konsep Reduce dapat dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi sumber daya alam dan mengurangi produksi limbah. 

"Misalnya penggunaan produk yang bisa digunakan dalam waktu lama, seperti tumblr atau food container yang biasanya di jual di MR.DIY juga dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai," kata dia.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut