get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Surabaya Diserbu Guncangan Gempa, Warga Panik Wali Kota Turun Tangan, Ini yang Dilakukan

Jum'at, 22 Maret 2024 | 20:17 WIB
header img
Warga Surabaya terlihat panik saat gempa terjadi di Kota Pahlawan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengeluarkan imbauan keras kepada masyarakat setelah dua kali gempa mengguncang kota ini pada Jumat (22/3/2024). Kedua gempa itu, dengan kekuatan mencapai 6,0 dan 5,0 skala Richter, membuat warga berhamburan keluar dari gedung, bahkan memicu kepanikan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di timur laut Tuban, Jawa Timur. Wali Kota Eri Cahyadi mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap potensi gempa susulan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap tanda-tanda awal gempa.

"Saya mohon kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk lebih berhati-hati. Yang kedua agar lebih peka terhadap tanda atau rasa yang disebabkan oleh gempa," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Eri Cahyadi juga meminta agar warga segera keluar dari rumah jika terjadi gempa susulan, dengan tujuan meminimalisir risiko korban jiwa. Meskipun belum ada laporan korban jiwa, namun ia menekankan pentingnya pemantauan di tingkat lokal untuk mengantisipasi potensi kerusakan bangunan atau korban.

Gempa tidak hanya dirasakan sekali atau dua kali, namun guncangan ketiga dengan kekuatan 6,5 SR kembali mengguncang kota ini pada pukul 15.52 WIB. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kota Surabaya, Buyung Hidayat, juga turut mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

"Karena masih ada beberapa gempa susulan, diharapkan warga yang keperluannya beraktifitas di dalam gedung tinggi dan bertingkat untuk selalu berhati-hati dan siaga. Kemudian pahami jalur evakuasi dan titik kumpul di masing-masing gedung," kata Buyung.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut