get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Korban Banjir Lahar Dingin Semeru Mulai Berjatuhan, Tiga Warga Ditemukan Tewas

Kisah Gempa Besar di Tuban, Hancurkan Ribuan Bangunan, 15.731 Warga Mengungsi

Minggu, 24 Maret 2024 | 13:19 WIB
header img
Gempa bumi mengguncang Laut Jawa, khususnya Timur Laut Tuban pada Jumat (22/3/2024), telah menimbulkan dampak yang meluas di 7 daerah di Jawa Timur. Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Pamekasan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebuah rangkaian gempa bumi yang mengguncang Laut Jawa, khususnya Timur Laut Tuban pada Jumat (22/3/2024), telah menimbulkan dampak yang meluas di 7 daerah di Jawa Timur. Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Pamekasan menjadi saksi betapa seriusnya kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut.

Gempa pertama, dengan magnitudo 6,0, terjadi pada pukul 11.22 WIB, diikuti oleh gempa susulan yang lebih kuat, magnitudo 6,5, pada pukul 15.52 WIB. Total bangunan yang rusak akibat kedua gempa tersebut mencapai 4.865 unit, dengan rincian kerusakan yang mencengangkan.

Tidak hanya rumah tangga yang terkena dampak, tetapi juga fasilitas pendidikan, kesehatan, dan tempat ibadah. Sekitar 15.731 jiwa terpaksa mengungsi, termasuk anak-anak, dewasa, dan lansia, yang kini harus menghadapi tantangan baru dalam upaya pemulihan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Gatot Soebroto, menjelaskan bahwa upaya penanganan dan pemulihan sedang berlangsung intensif untuk membantu para korban dan mempercepat proses pemulihan. Situasi ini menuntut kerjasama dan solidaritas semua pihak untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana ini.

“Adapun total pengungsi akibat gempa ini,  mencapai sekitar 15.731 jiwa. Meliputi, Anak-anak 6.022 jiwa, dewasa 7.350 jiwa dan lansia 2.359 jiwa,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Gatot Soebroto, Minggu (24/3/2024).

Gatot mengatakan, tim BPBD Jatim yang diterjunkan ke Pulau Bawean Kabupaten Gresik terus bergerak melakukan respon cepat terhadap dampak gempa. Mulai Sabtu (23/3/2024) siang, hingga malam hari, Tim BPBD Jatim Bersama Tim Gabungan Berbagai Sektor terus berjibaku melakukan assessment terhadap bangunan yang rusak, loading bantuan yang baru datang dari kapal hingga melakukan persiapan pendirian tenda pengungsi. 

“Rangkaian kegiatan ini, diawali dengan koordinasi dengan pihak Kecamatan Sangkapura dan Tambak, setiba mereka di pulau ini,” ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut