get app
inews
Aa Read Next : Target Ambisius Partai Gerindra, Ingin Kuasai 24 Daerah dalam Pilkada Serentak di Jatim

8 Kabupaten dan Kota di Jatim Tercatat Senang Buang Air Besar Sembarangan, Ini Daerahnya

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:20 WIB
header img
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Kabar tak sedap muncul di Pemerintahan Daerah (Pemda). Sebanyak delapan Pemerintah Kabupaten/Kota tercatat warganya suka membuang air besar sembarang. 

Saat ini mereka menandatangani komitmen bersama menuju Provinsi Jawa Timur (Jatim) 100% Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Tahun 2024 di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jatim, Kamis (28/3/2024). 

Delapan Kabupaten/Kota yang masih berstatus Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tersebut yakni Kabupaten Sidoarjo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Jember, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Situbondo. 

“Hari ini kita meminta komitmen dari delapan kabupaten/kota yang masih membutuhkan percepatan agar segera 100% SBS,” ujar Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Kamis (28/3/2024). 

Dia menambahkan, tahun 2024 ini Pemprov Jatim menargetkan capaian SBS bisa 100% hingga di tingkatan desa dan kelurahan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, capaian SBS desa/kelurahan pada Desember 2023 lalu mencapai 92,19 %. 

Saat ini, tersisa 664 desa/kelurahan yang memiliki rumah tangga masih buang air besar sembarangan. “Desa/kelurahan tersebut tersebar di delapan kabupaten/kota di Jatim,” ujar Adhy.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut