get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Penumpang Ikut Mudik Gratis Pelindo Terminal Petikemas, Tersedia Transportasi Darat di Jatim

Keren, Pelindo Terminal Petikemas Kontribusi Rp1,51 Triliun ke Kas Negara pada 2023

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:21 WIB
header img
Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) membukukan kontribusi gemilang ke kas negara sebesar Rp1,51 triliun selama tahun 2023. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) membukukan kontribusi gemilang ke kas negara sebesar Rp1,51 triliun selama tahun 2023. Jumlah luar biasa ini terdiri dari setoran pajak mencapai Rp1,29 triliun, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp5,98 miliar, dan konsesi senilai Rp214,18 miliar.

Menurut Corporate Secretary SPTP, Widyaswendra, kontribusi ini adalah bentuk nyata dari komitmen perusahaan pada peraturan pemerintah. "Kewajiban kepada negara adalah bagian integral dari dukungan Pelindo Group dalam pembangunan nasional melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," katanya. 

Widyaswendra menjelaskan bahwa setoran tersebut merupakan konsolidasi dari PT Pelindo Terminal Petikemas dan anak perusahaan di bawah naungan perseroan. Pajak penghasilan (PPh) menjadi penyumbang terbesar, dengan Rp886,71 miliar, diikuti oleh pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Lebih menarik lagi, setoran kewajiban kepada negara tahun 2023 mengalami peningkatan 11% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai Rp1,36 triliun. "Ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam kontribusi perusahaan terhadap perekonomian negara," ujarnya. 

Selain itu, realisasi pendapatan negara secara keseluruhan juga mencapai angka mengesankan sebesar Rp2.774,3 triliun, yang melampaui target APBN 2023. Penerimaan perpajakan tumbuh kuat sebesar 5,9% dari tahun sebelumnya, menandakan pemulihan ekonomi yang solid dan efektivitas reformasi perpajakan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut