get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Pelatihan Madrasah Amil Zakat di Surabaya, Cara Efektif Buka Jalan bagi Pengelolaan Zakat

Jum'at, 05 April 2024 | 04:15 WIB
header img
Pelatihan Madrasah Amil Zakat di Surabaya yang dilaku LAZISNU Kota Surabaya. Foto iNewsSurabaya/mukhrojin

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya telah menggelar acara Madrasah Amil Zakat di Masjid Baitul Mukminin, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya pada Kamis (4/4/2024). Acara tersebut dihadiri oleh Takmir Masjid Baitul Mukminin, Pengurus Musholla, dan Pengurus RT/RW se-Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Dalam sambutannya, Ketua LAZISNU PCNU Kota Surabaya, Ustadz Dr. Moh. Mukhrojin, M.Si, menekankan empat syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Amil Zakat yang ideal: Kober (punya waktu), Pinter (bisa berhitung), Bener (sesuai syariat), dan Jeger (ekonomi mapan), untuk memastikan pengelolaan zakat berjalan dengan optimal.

“Sebagai pengurus Lazisnu itu niatnya Khidmah pada NU, namun juga harus mempunyai Syarat sebagai Amil Syar'i yang ideal  yaitu : Kober, Pinter, Bener dan Jeger,” ujarnya. 

Sekretaris LAZISNU PCNU Kota Surabaya, Ustadz Dr. Aris Nurullah, MH, juga menyoroti pentingnya pendaftaran panitia zakat ke Badan Amil zakat atau lembaga amil zakat agar secara hukum fiqih dan hukum negara diakui sebagai amil zakat syar’i.

“Madrasah Amil Zakat ini sangatlah penting untuk memberikan pemahaman kepada calon Amil tentang tata kelola zakat sesuai dengan syariat Islam. Para petugas JPZIS harus paham hukum dan pelaksanaan zakat menurut ulama mazhab sehingga diharapkan zakat yang dibayarkan muzakki sesuai dengan ketentuan fiqih dan didistribusikan tepat sasaran,” ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut