get app
inews
Aa Read Next : Kunjungan Wisatawan ke Sumenep Melonjak, Ekonomi dan UMKM Lokal Terkerek

Tren Pernikahan Dini di Jawa Timur Masih Tinggi, Angkanya Mengejutkan!

Minggu, 07 April 2024 | 12:40 WIB
header img
Ilustrasi- Pernikahan Dini di Jawa Timur Masih Tinggi. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Data terbaru dari Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2023 mengungkapkan sekitar 2,29 persen warga Jawa Timur melakukan pernikahan pertama di bawah usia 16 tahun, sementara 20,15 persen lainnya menikah di usia 16-18 tahun. 

Angka ini menjadi sorotan mengingat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 telah memperbarui batas usia perkawinan menjadi 19 tahun untuk pria maupun wanita.

Berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, pernikahan dini lebih sering dilakukan oleh perempuan. Di rentang usia 15 tahun ke bawah, proporsi perempuan yang menikah mencapai 3,26 persen, sementara laki-laki hanya 0,47 persen. Pola ini juga terlihat pada usia 16-18 tahun, di mana 28,13 persen perempuan menikah dibandingkan dengan 5,29 persen laki-laki.

Namun, terdapat pergeseran yang menarik ketika memasuki usia dewasa. Laki-laki cenderung menikah pada usia yang lebih matang, di mana 38,62 persen dari mereka menikah pada rentang usia 22-24 tahun, dibandingkan dengan hanya 21,91 persen perempuan. 

Faktor tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga menjadi pertimbangan utama, seperti yang disampaikan oleh Kepala BPS Jawa Timur, Zulkipli. Menurutnya, pemuda yang tinggal di perdesaan cenderung menikah lebih muda dibandingkan dengan mereka yang tinggal di perkotaan.

Data ini menyoroti pentingnya pendekatan gender dan regional dalam memahami tren perkawinan di Jawa Timur, serta menggarisbawahi perlunya persiapan ekonomi yang matang sebelum memasuki ikatan perkawinan.

"Berdasarkan tipe daerah, pemuda yang tinggal di perdesaan cenderung menikah pada usia yang lebih muda daripada pemuda yang tinggal di perkotaan," ujarnya berdasarkan rilis BPS Jatim. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut