get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Jamin Layanan Prima Selama Libur Panjang Idul Fitri 2024

Trafik XL Axiata Melonjak hingga 64 Persen di Banyuwangi

Sabtu, 20 April 2024 | 00:35 WIB
header img
Tim jaringan XL Axiata, termasuk yang di lapangan, bersiaga full time selama masa krusial agar bisa segera bergerak jika ada problem. Foto/XL Axiata

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Trafik XL Axiata melonjak hingga 64 persen di Banyuwangi, Jawa Timur. Lonjakan tersebut terjadi sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 - 14 April 2024.

Sedangkan rata-rata di seluruh Jawa Timur, Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 15% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Timur ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. 

"Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan," terangnya.

Sejumlah lokasi tujuan wisata populer di Jawa Timur juga mengalami kenaikan trafik antara 30% hingga 205% seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. 

Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 15% hingga 48%. Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 140%. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini.  

Pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem. 

"Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis," ungkapnya.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. 

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut