get app
inews
Aa Read Next : Sungai Driyorejo Telan Korban, Bapak dan Anak Ditemukan Tewas

Terpeleset, Iqbal Ditemukan Tim SAR Gabungan Meninggal Dunia di Sungai Tarik

Minggu, 28 April 2024 | 14:44 WIB
header img
Tim SAR gabungan menemukan Iqbal sudah dalam kondisi meninggal dunia di bawah jembatan kanal dalam. Foto/Basarnas Surabaya

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Iqbal Firmanto (24) ditemukan keberadaannya di sungai desa Tarik, kecamatan Tarik, kabupaten Sidoarjo, pada Minggu (28/4/2024) sekitar pukul 13.00 WIB, setelah tim SAR gabungan melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian tenggelamnya korban.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, tim SAR gabungan menemukan Iqbal sudah dalam kondisi meninggal dunia di bawah jembatan kanal dalam. 

"Lokasi ini berjarak sekitar 2 meter dari lokasi kejadian tenggelamnya korban," terangnya.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya tim SAR gabungan membawa jenazah korban ke Rumah Sakit Anwar Medika Krian guna dilakukan visum luar oleh petugas berwenang sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Hariyadi, sebanyak 3 SRU air telah dikerahkan untuk melakukan pencarian. 

SRU air pertama melakukan upaya penyelaman di sekitar lokasi kejadian.

SRU air kedua dan ketiga melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet. 

Secara bergantian, mereka melakukan manuver perahu karet di sekitar lokasi kejadian dan melakukan pembersihan tanaman enceng gondok.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga melakukan pemantauan di beberapa titik di tepi sungai. 

"Mereka juga menyebarkan informasi kejadian yang dialami korban ke warga yang beraktivitas di sekitar sungai," kata Hariyadi.

Melalui penyebarluasan informasi tersebut, jika ada warga yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada tim SAR gabungan agar bisa ditindaklanjuti.

Sejumlah pihak ikut bekerjasama dalam proses pencarian hingga evakuasi korban ini, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, BPBD kab Sidoarjo, Polsek Tarik, Koramil Tarik, SAR Welirang, SEMAR, FPRPB Mojokerto, TAGANA, LPBI NU, TSA, FAJI, KRI, Galena, PSC 119, warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diterima, kejadian yang dialami korban tenggelam ini berawal saat korban mengendarai sepeda motornya menyeberangi sungai dari arah selatan menuju ke utara melalui jembatan kecil, pada Sabtu (27/4/2024) malam.

Diduga korban hilang keseimbangan mengendarai motor saat berada di tengah jembatan. Korban kemudian terpeleset dan terjatuh ke sungai.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut