get app
inews
Aa Read Next : Teman Satu Angkatan Penglima TNI, Brigjen TNI Endro Satoto Jabat Kasdam V Brawijaya

Laksamana Perempuan Pegang Komando di Satuan Baru Bentukan Panglima TNI

Kamis, 17 Februari 2022 | 09:28 WIB
header img
Laksamana Pertama (Laksma) TNI Wiwin Dwi Handayani. (Foto: Youtube)

SURABAYA, iNews.id - Pusat Psikologi Tentara Nasional Indonesia (PUSPSI TNI) merupakan satu diantara lima satuan baru yang dibentuk oleh Mabes TNI. Pembentukan Pusat Psikologi TNI ini sebagaimana amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. 

Laksamana Pertama (Laksma) TNI Wiwin Dwi Handayani, ditunjuk sebagai kepala dalam satuan ini. Sebelumnya dirinya menjabat sebagai Kepala Dinas Psikologi TNI AL (Kadispsial). 

Jabatan baru yang diemban olehnya tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, tertanggal 21 Januari 2022.

Jabatan baru yang diemban oleh Wiwin Dwi Handayani bersamaan dengan pemberhentian dan pengangkatan terhadap 327 perwira tinggi TNI lainnya. Dimana sebanyak 28 perwira tinggi TNI diantaranya masuk dalam jabatan satuan-satuan baru seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Penerangan TNI.

Dengan adanya promosi dan mutasi ini, maka Wiwin Dwi Handayani mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi yaitu dari Laksmana Pertama (Laksma) menjadi Laksmana Muda (Laksda) atau dengan kata lain bintang dua di pundaknya.

Merujuk Pasal 26 Perpres Nomor 66 Tahun 2019, Pusat Psikologi TNI bertugas menyelenggarakan dukungan dan layanan psikologi secara terpadu dan integratif dalam rangka pelaksanaan tugas pokok TNI. Pusat Psikologi TNI dipimpin oleh Kepala Pusat Psikologi TNI yang berkedudukam dibawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Pusat Psikologi TNI dikoordinasikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Kepala Pusat Psikologi TNI sendiri dibantu oleh Wakil Kepala Pusat Psikologi TNI.

Selanjutnya akan kita ulas profil singkat dan rekam jejak militer Laksda TNI Wiwin Dwi Handayani. Laksda Wiwin adalah seorang perwira tinggi TNI AL kelahiran tanggal 16 Juli 1966 dan berumur 55 tahun. Dia adalah lulusan Sepamilwan tahun 1989 yang berasal dari kecabangan Korps Khusus dan merupakan salah satu Kowal yang berhasil mencapai pangkat Perwira Tinggi di TNI AL.

Berikut rekam jejak militer Laksamana Muda Wiwin Dwi Handayani:

1. Pjs. Kasubdis Psipers Dispsial
2. Kasubdis Psitera Dispsial
3. Kasubdis Psipers Dispsial
4. Sekdispsial
5. Kadispsial  (2020-2022)
6. Kapuspsi TNI  (2022-Sekarang).

Itulah profil singkat dan rekam jejak militer Laksamana Muda Wiwin Dwi Handayani.

Selamat bertugas Laksamana…semoga amanah dalam mejalankan tugas dan tanggung jawab serta semoga Allah selalu senantiasa memberikan kekuatan dan kesehatan lahir bathin. Selalu membimbing, sehingga dapat membawa berkah kepada seluruh jajaran…Aamiin.

(Penulis: Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut